ARR-Cell

Samarinda Jadi Kota Andalan Kaltim di PON XXI/2024

 

WAWANCARA: Kepala Disporapar Kota Samarinda Muslimin - Foto Dok Nett

TOPRILIS.COM, KALTIM - Samarinda menjadi kota andalan Kalimantan Timur (Kaltim) dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara. Sebagian besar atlet yang akan mewakili Kaltim di ajang olahraga terbesar di Indonesia itu berasal dari Samarinda.

Data yang diperoleh dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim menunjukkan bahwa Samarinda menyumbangkan atlet terbanyak untuk kontingen Kaltim. Hal ini sejalan dengan prestasi olahraga yang diraih Samarinda di berbagai event tingkat provinsi maupun nasional.

Salah satu event yang menjadi tolak ukur adalah Pra PON 2023 yang digelar di beberapa provinsi di Indonesia. Dari Pra PON tersebut, Kaltim berhasil meraih lebih dari 80 medali emas dan meloloskan ratusan atlet ke PON XXI/2024. Samarinda menjadi kontributor utama dengan mengirimkan atlet-atlet berbakat di berbagai cabang olahraga (cabor).

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda, Muslimin mengapresiasi kinerja atlet-atlet Samarinda yang telah membawa harum nama Kaltim di kancah nasional. Menurutnya hal ini tidak lepas dari kerja sama antara KONI, cabor, dan Dispora sebagai sektor pembinaan.

"Kami terus mendorong cabor-cabor untuk meningkatkan kualitas atlet-atletnya agar bisa bersaing di level yang lebih tinggi. Kami juga memberikan fasilitas dan dukungan yang dibutuhkan oleh atlet-atlet kita," kata Muslimin di Samarinda.


Muslimin menuturkan bahwa Samarinda juga menorehkan prestasi gemilang di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 lalu. Samarinda berhasil menjadi juara umum di kedua event tersebut dengan mengalahkan kota-kota lain di Kaltim.

"Meski dengan anggaran yang terbatas, Samarinda mampu menunjukkan yang terbaik. Ini menunjukkan bahwa Samarinda memiliki potensi olahraga yang besar dan perlu dikembangkan lebih lanjut," ucapnya.

Untuk mempersiapkan atlet-atlet Samarinda yang akan berlaga di PON XXI/2024, Muslimin mengungkapkan Disporapar Samarinda akan mengadakan kejuaraan-kejuaraan terbuka sebagai ajang uji coba dan evaluasi. 

Dia berharap setidaknya 50 persen cabor akan menggelar pertandingan terbuka tahun depan.

"Kami juga akan memberikan prioritas kepada cabor unggulan yang sering meraih medali emas terbanyak di setiap event tingkat provinsi. Cabor unggulan seperti gulat, taekwondo, silat, anggar, kempo akan kami beri ruang khusus untuk mendapatkan peluang event kegiatan nasional. Wali Kota pun memberikan respon positif dan dukungan penuh, apalagi dengan prestasi yang dimiliki," tutupnya.(elh/ron)



Lebih baru Lebih lama