ARR-Cell

Piala Gubernur Kaltim Jadi Ajang Pembinaan Sepak Bola Wanita

SERIUS: Tim sepak bola wanita Provinsi Kaltim saat berlaga - Foto Dok Nett

TOPRILIS.COM, KALTIM - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023 di Stadion Gelora Kadrie Oening Samarinda, sebagai bentuk pembinaan sepak bola wanita di provinsi tersebut.

Ketua panitia pelaksana, Lina menjelaskan, turnamen ini bertujuan untuk menjaring potensi pesepakbola wanita di Kaltim yang bisa mewakili daerahnya di ajang nasional maupun internasional.

"Kami juga ingin memberikan motivasi dan pengalaman bermain kepada tim putri Kaltim yang berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) untuk pertama kalinya. Ini adalah prestasi yang membanggakan dan harus dipertahankan," kata Lina.

Turnamen ini, ungkap Lina, diikuti oleh tujuh tim dari berbagai daerah di Kaltim, yaitu Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Berau, dan Paser.

Mereka dibagi menjadi dua grup dan bermain dengan sistem setengah kompetisi. Juara dan runner up dari masing-masing grup akan melaju ke babak semifinal untuk memperebutkan tiket ke final. Partai puncak turnamen ini digelar pada 21 November di stadion yang sama.

Pemenang turnamen ini akan mendapatkan piala bergilir dari Gubernur Kaltim, serta hadiah uang tunai sebesar Rp 50 juta.

Turnamen ini juga didukung oleh Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) Kaltim yang memberikan rekomendasi dan perangkat pertandingan.

Direktur Kompetisi Asprov PSSI Kaltim, Reza Katamsi mengatakan, rekomendasi ini merupakan syarat untuk melaksanakan kejuaraan resmi.

"Kami juga menyiapkan sepuluh wasit yang sudah memiliki lisensi C1 dan C2, serta satu orang pengawas pertandingan. Kami berharap turnamen ini bisa berjalan lancar dan menghasilkan bibit-bibit pesepakbola wanita yang berkualitas di Kaltim," ujar Reza.

Reza juga mengapresiasi langkah Dispora Kaltim yang mengembangkan pembinaan sepak bola wanita di Benua Etam.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan visi PSSI yang ingin meningkatkan prestasi sepak bola wanita Indonesia di kancah Asia dan dunia.

"Kami berharap turnamen ini bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia untuk menggelar kejuaraan serupa. Sepak bola wanita Indonesia memiliki potensi yang besar dan perlu didukung oleh semua pihak," tutur Reza.(elh/ron)



Lebih baru Lebih lama