ARR-Cell

Masyarakat Antusias Hadiri Haul ke-18 Guru Sekumpul di Kampung Keramat Martapura

RAMAI: Kampung Keramat Martapura mulai dipadati warga untuk mengikuti kegiatan Haul Guru Sekumpul - Foto Dok wasaka.kalselprov.go.id


TOPRILIS.COM, KALSEL- Hujan yang mengguyur kawasan Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Banjar dan sekitarnya, mulai Kamis dini hari (26/1/2023), tidak menyurutkan antusias jamaah haul ke 18 Almarhum KH Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul yang berlangsung di kediaman Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di Kampung Keramat Martapura, Kabupaten Banjar.

Kegiatan yang dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) KH Ma’ruf Amin di Kecamatan Martapura Timur ini disambut gembira masyarakat dalam dan luar Provinsi Kalsel karena kecintaan mereka yang sangat besar kepada ulama kharismatik almarhum Guru Sekumpul.

Jamaah haul pun berusaha bisa masuk dalam ruang induk yang disediakan khusus panitia haul.

Para jamaah pun rela datang lebih awal, bahkan sejak pukul 13.00 WITA selepas Dzuhur, area haul sudah dipenuhi warga, mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa itu.

Selain jamaah haul, ratusan relawan atau tenaga sukarela, turut membantu kedatangan masyarakat di tenda atau posko relawan, dapur umum, maupun pelayanan kesehatan dan tempat istirahat (rest area).

Di jalan Ahmad Yani dari Kota Banjarmasin menuju Martapura, posko atau rest area bahkan tersedia mulai Kecamatan Kertak Hanyar, Gambut, Landasan Ulin Banjarbaru, hingga Kampung Keramat, titik utama pelaksanaan haul.

Posko-posko sukarelawan menyediakan berbagai bagai makanan, minuman, buah-buahan, hingga layanan kesehatan dan kamar kecil.

Rangakaian kegiatan haul dimulai dari Salat Magrib, lalu Ratit Haddad dan Syair-Syair Sekumpul.

Kemudian dilakukan Salat Isya dan pembacaan Kalam Ilahi oleh Ahmad Rizqon.

Selepas itu disampaikan pembacaan Maulid oleh Guru H Saududin dan Nasyid dan Tahlil yang dibawakan Tanfidz Darussalam Martapura.

Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan Ahli Bait Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan pembacaan Manaqib Guru Sekumpul oleh KH Wildan Salman.

Lalu setelah itu ada sambutan Wakil Presiden RI KH. Mar’uf Amin dan tausiah oleh KH A Mustain Syafi’i dari Tebuireng Jombang.

Usai tausiyah disampaikan Nasyid dan Tahlil oleh Tanfidz Darussalam dan diakhiri dengan do’a yang dipimpin KH. Wildan Salman.(wasaka.kalselprov.go.id/Ar)

Lebih baru Lebih lama