ARR-Cell

Dewan Dorong Peningkatan Perekonomian Bidang Perkebunan dan Pertanian

PODCAST: Ketua Komisi II DPRD Balangan membidangi masalah ekonomi Nur Fariani saat Podcast DPRD Balangan - Foto Dok DPRD Balangan.

TOPRILIS.COM, KALSEL - Salah satu sektor penghasil ekonomi masyarakat Kabupaten Balangan adalah perkebunan karet, namun dengan segala persoalannya banyak masyarakat yang mulai beralih ke perkebunan dan pertanian.

Hal ini mendapat perhatian bagi DPRD Balangan dengan berupaya bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat melalui masukan, saran, kebijakan maupun program.

Pantauan Selasa (11/6/2024) dalam Podcast Parlementaria DPRD Kabupaten Balangan, Ketua Komisi II DPRD Balangan membidangi masalah ekonomi Nur Fariani mengatakan, masyarakat saat ini banyak yang mulai beralih ke perkebunan seperti menanam lombok, tomat, sawit dan sebagai.

"Peralihan ini karena imbas harga karet yang turun dan harga tak seperti dulu lagi," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini dukungan pemerintah saat ini melalui anggota dewan menginginkan potensi perkebunan tak hanya sampai menanam saja, namun juga diperhatikan pemasarannya.

Pemerintah juga harus memperhatikan terutama melalui Dinas Pertanian agar memperhatikan distribusi penjualannya kalau bisa didalam kabupaten guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Saat ini anggaran untuk bantuan bagi para petani tersedia di instansi terkait, baik itu bantuan bibit, pupuk dan lain sebagainya, bahkan anggota dewan selalu meminitor bantuan tersebut," pungkasnya.(rls/elhami)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama