ARR-Cell

Legislator Balangan Apresiasi Inovasi “OJEK IBU PERGI” Milik Puskesmas Juai

APRESIASI: Hanil Tamjid, Wakil Ketua DPRD Balangan apresiasi Inovasi OJEK IBU PERGI yang diluncurkan Puskesmas Juai - Foto Dok DPRD Balangan.

TOPRILIS.COM, KALSEL - Inovasi OJEK IBU PERGI (Ojek Ibu Hamil Pemeriksaan LAB dan USG) yang diluncurkan Puskesmas Juai mendapat apresiasi dari wakil rakyat (Legislator) DPRD Balangan dari Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Juai dan Halong yaitu Hanil Tamjid.

Seperti diketahui, Inovasi OJEK IBU PERGI adalah kegiatan jemput antar yang dilakukan petugas puskesmas bagi ibu hamil atau memeliki anak balita yang tidak memiliki alat transportasi.

Menurut Hanil yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Balangan, Inovasi OJEK IBU PERGI sangat membantu mengantisipasi kematian ibu hamil atau pun bayi.

Misalnya, pada saat ibu hamil ada keluhan atas kehamilannya dan mau melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau kerumah sakit tapi terkendala transportasi, maka OJEK IBU PERGI bisa membantu.

“Jadi melalui inovasi tersebut para ibu hamil bisa terbantu untuk pergi ke Puskesmas, kami sangat mengapresiasi inovasi seperti itu, semoga ini bisa menjadi contoh bagi puskesmas lainnya,” ujarnya, Rabu (17/4/2024).

Kepala Puskesmas Juai, dr. Ismawati menambahkan, inovasi OJEK IBU PERGI ini merupakan salah satu strategi yang bertujuan untuk para ibu hamil mendapatkan hak nya untuk melakukan pemeriksaan Laboraturium dan pemeriksaan USG di saat kehamilan walaupun tidak ada pihak keluarga yang bisa mengantar.

Adapun cara kerja atau operasionalisasi inovasi ini yaitu melakukan pendataan ibu hamil, melakukan pemeriksaan awal ibu hamil, melengkapi buku KIA, mendapatkan umur kehamilan, membuat dan menghitung jadwal pemeriksan laboraturium dan pemeriksaan USG di Trimester 1 2 dan 3, serta membuat janji hari yang ditentukan untuk pergi ke Puskesmas dan juga ke rumah sakit.(rls/elhami)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama