ARR-Cell

Kemendikbudristek Luncurkan Rapor Pendidikan 2024 untuk Jenjang PAUD

PELUNCURAN: Peluncuran Rapor Pendidikan 2024 ditujukan untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia yang berkelanjutan - Foto Net.

TOPRILIS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Rapor Pendidikan 2024 di Senayan, Jakarta pada Selasa, 5 Maret 2024. Peluncuran Rapor Pendidikan 2024 ditujukan untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia yang berkelanjutan.

Dilansir dari laman Kemendikbudristek, Rapor Pendidikan merupakan laporan yang menampilkan kondisi satuan pendidikan berdasarkan data dari hasil asesmen dan survei-survei nasional yang melibatkan satuan pendidikan dan daerah.

Perkembangan terbaru Rapor Pendidikan 2024 menghadirkan pembaruan data-data baru tentang kondisi layanan untuk satuan pendidikan di jenjang PAUD. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum & Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek, Anindito Aditomo.


"Di tahun 2024 ada beberapa penyempurnaan. Pertama adalah penambahan data kualitas lingkungan belajar PAUD." ujar Anindito dalam sesi media briefing, Selasa (5/3/2024).


Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (Dirjen PDM), Iwan Syahril menyampaikan pembaruan ini ditujukan untuk membantu pemerintah daerah mengambil kebijakan terkait pendidikan yang berbasis data di daerahnya.

"Dengan adanya Rapor Pendidikan dapat membantu pemerintah daerah (untuk mengetahui) tentang apa yang perlu menjadi perhatian. Sehingga pemda dapat menyerap untuk melakukan perencanaan dan penganggaran, yang dulu hanya berbasis asumsi, kini bisa berbasis data," ujar Iwan.

"Harapan kita dengan adanya penyelarasan ini dapat memudahkan pemda untuk terus melakukan peningkatan pembangunan SDM", sambungnya.(liputan6.com/elh)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama