ARR-Cell

Hasil Timnas Jepang vs Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Skor 3-1

KALAH: Timnas Indonesia tertunduk lesu usai Timnas Jepang mencetak gol, sampai akhir pertandingan skor 3-1, Timnas Jepang menang dan lolos ke babak 16 besar sebagai runner up grup D - Foto Net.

TOPRILIS.COM, JAKARTA - Timnas Jepang memetik kemenangan krusial di pertandingan terakhir grup D Piala Asia 2023. Berhadapan dengan Timnas Indonesia, The Samurai Blues menang dengan skor 3-1.

Timnas Jepang unggul di laga ini berkat sepasang gol dari Ayase Ueda dan gol bunuh diri Justin Hubner. Sementara Timnas Indonesia memperkecil kedudukan berkat gol Sandy Walsh.

Berkat kemenangan ini Timnas Jepang dipastikan lolos ke babak 16 besar sebagai runner up grup D. Sementara Timnas Indonesia harus puas finish sebagai peringkat tiga.

Babak Pertama

Sejak peluit tanda pertandingan dibunyikan, Timnas Jepang langsung tampil menekan. Baru tiga menit laga berjalan, Timnas Jepang mendapatkan penalti.

Jordi Amat menjatuhkan Ayase Ueda di kotak terlarang. VAR mengonfirmasi bahwa itu pelanggaran sehingga Jepang mendapatkan penalti. Ueda yang mengeksekusi penalti itu melakukan tugasnya dengan baik sehingga Jepang unggul 1-0 atas Indonesia.

Gol tersebut membuat Jepang semakin percaya diri untuk menyerang. Timnas Indonesia kesulitan untuk keluar dari tekanan Jepang, sementara The Samurai Blues terus membombardir gawang Indonesia.

Di menit ke-35, Timnas Jepang nyaris menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Mendapatkan umpan terukur dari Kubo, Maikuma yang lolos dari jebakan offside melepaskan tembakan ke gawang kosong Indonesia, namun sayang bola mengenai tiang sehingga peluang emas itu tidak menjadi gol.

Hingga akhir babak pertama, Timnas Indonesia terus dipaksa bertahan dengan rapat untuk meredam serangan bombardir Timnas Jepang. Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Jepang.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia mencoba untuk mengambil inisiatif serangan. Namun sayang petaka justru hadir ke gawang Indonesia.

Di menit ke-52, Timnas Jepang berhasil menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 setelah umpan tarik Ritsu Doan berhasil diceploskan Ueda yang tidak terkawal bek Indonesia. Jepang unggul 2-0.

Tertinggal 2-0 membuat Timnas Indonesia mulai menaikkan tempo permainan. Selain itu skuat Garuda juga mulai memasang garis pertahanan yang lebih tinggi.

Namun Timnas Indonesia kesulitan untuk mengirimkan bola ke arah gawang Jepang. Sementara Jepang beberapa kali mengancam menggunakan skema serangan balik.

Benar saja, di menit ke-88 gawang Indonesia kebobolan untuk kali ketiga. Kali ini Justin Hubner mencoba untuk menghalau tembakan Ueda Ayase, namun bola malah masuk ke gawang sendiri. Jepang unggul 3-0 atas Indonesia.

Meski tertinggal tiga gol, timnas Indonesia tidak menyerah. Di masa injury time, Skuat Garuda berhasil memperkecil kedudukan menjadi 3-1 setelah umpan panjang Pratama Arhan diterima Sandy Walsh, dan sang bek menceploskan bola ke gawang Zion Suzuki.

Di sisa babak kedua, Timnas Indonesia mencoba untuk terus menekan. Namun skor 3-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.(bola.net/elh)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama