ARR-Cell

Tour Library 2023 Meriahkan Kota Samarinda

 

TOUR LIBRARY: Mendongeng, Musik, dan Janji Hadiah Sepeda, Highlights dari Pembukaan Tour Library DPK Kaltim -Foto dok Elsa


TOPRILIS.COM, KALTIM - Kembali digelar dengan meriah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim sukses melaksanakan pembukaan Tour Library 2023. Dibuka langsung secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Kepala DPK Kaltim, Drs. Muhammad Syafranuddin, MM. Tour Library kembali digelar oleh DPK Kaltim setelah terakhir dilaksanakan pada 2022. Pembukaan rangkaian acara tur berlangsung di Gedung Serbaguna, Gor Kadrie Oening, Samarinda.

Kendati hujan lebat menghadang, tidak menyurutkan semangat dari para siswa, guru, dan orang tua yang mendampingi untuk hadir memeriahkan pembukaan Tour Library yang dibuka dengan mendongeng bersama Kak Heru, Pendongeng Anak Indonesia, dan Bunda Fitri, Ketua Kampung Dongeng Kaltim. Musisi Literasi Indonesia, Ferry Curtis pun turut memberikan penghiburan kepada anak-anak dengan membawakan tembang lagu karya miliknya “Yo Ayo Ke Perpustakaan” dan “Pemimpin Besar Pasti Membaca”.

Kepala DPK Kaltim, Drs. Muhammad Syafranuddin, MM tidak dapat menyembunyikan harunya kala melihat ribuan siswa berkumpul untuk memeriahkan acara yang turut menjadi rangkaian menyambut hari jadi DPK Kaltim ke-60 pada 19 Desember mendatang.

“Terima kasih anak-anak semua. Saya sangat bahagia melihat anak-anak semua hari ini. Mendongeng 5 menit merupakan waktu berharga untuk anak dan orang tua bersilaturahmi juga melestarikan kebudayaan Kaltim. Semoga agenda ini meningkatkan minat mendongeng kepada anak dan orang tua,” papar pria yang akrab disapa Ivan tersebut.

Ivan turut menjanjikan akan memberikan 1 unit sepeda kepada 3 anak yang aktif selama kegiatan mendongeng.

“Semoga kegiatan mendongeng menjadi pemicu bagi adik-adik semua untuk mewarisi kebudayaan,” sambung Ivan.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Taufik, S.Sos, M.Si mengaku senang dengan antusias para anak. Yang berbeda pada gelaran Tour Library tahun ini tuturnya fokus lokasi kota dan kabupaten yang akan disambangi yakni arah utara Kaltim sehingga, Samarinda, Bontang, Kutim, dan Berau akan menjadi lokasi Tour Library 2023.

“Rangkaian acaranya meliputi, Mendongeng bersama 1000 anak di setiap daerahnya, Talkshow mengenai minat baca dan korelasinya dengan kesehatan, serta kelas menulis untuk anak bersama Tim Penerbit Mizan. Tour Library akan menjadi program DPK Kaltim dalam meningkatkan Tingkat Gemar Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM)” ucap Taufik.

Rangkaian Tour Library di Kota Samarinda pun dilanjutkan dengan menggelar Talkshow “Membaca dan Menulis Membuat Kita Sehat” yang digelari di Aula Bank Indonesia Provinsi Kaltim dan Kelas Menulis Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK) di Aula Oemar Dahlan DPK Kaltim.(elsa/gun)



Lebih baru Lebih lama