ARR-Cell

Ferry Curtis dan Bunda Fitri Meriahkan Tour Library 2023, Giat Literasi Berkeliling 4 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur

 

TOUR LIBRARY: Tour Library 2023 Melibatkan Musisi dan Pembawa Dongeng, Perjalanan Literasi yang Memikat di Kalimantan Timur -Foto dok Elsa
 

TOPRILIS.COM, KALTIM - Tour Library 2023 resmi dibuka dan memulai perjalanannya. Tidak hanya mendapat antusias dari peserta terhadap giat yang berlangsung selama sepekan tersebut. Namun, para narasumber yang turut terlibat juga bahagia menjadi bagian dari tur yang menyambangi 4 kabupaten/kota di Benua Etam.

Ferry Curtis, Musisi Literasi Indonesia mengaku merupakan kali pertamanya ia menginjakkan kaki di Kalimantan Timur. Namun, ia terkejut dan merasa disambut dengan baik oleh masyarakat, tak kala ia hadir menghibur dengan tembang lagu andalannya "Ayo ke Pustaka"

"Saya senang pemerintah, masyarakat dan stakeholder lainnya mulai bergerak bersinergi untuk kemajuan literasi di masing-masing daerahnya. Saya berharap sinergitas seperti ini melalui Tour Library perlu terus dipertahankan karena pemerintah tidak bisa bergerak sendiri, masyarakat pun demikian," papar pria berkacamata tersebut.

Ferry yang membawakan dua lagu pada pembukaan Tour Library di Samarinda, juga mengajak seluruh masyarakat bahwa literasi dapat dikemas dengan berbagai karya salah satunya melalui penggalan lirik yang menjadi padu pada sebuah lagu.

"Lagu-lagu yang saya tulis juga berasal dari fakta dan suara saya mengenai perkembangan literasi di Indonesia. Saya berterima kasih Tour Library memberikan ruang bagi pegiat literasi seperti kami untuk terus mengedukasi dan sosialisasikan literasi," lanjut musisi asal Bandung tersebut.

Senada dengan Ferry, Bunda Fitri Ketua Kampung Dongeng Kalimantan Timur mengaku terharu dan senang kala melihat 1000 anak yang antusias mendengarkan dan memperhatikannya dengan baik kala mendongeng.

"Saya membawakan dongeng mengenai Uut dan Uti cerita mengenai pesut. Melalui mendongeng kita bisa memperkenalkan budaya kepada anak," sebut Bunda Fitri.

Perempuan berkacamata tersebut juga mengungkapkan Tour Library 2023 mempersatukan semua lapisan usia masyarakat melalui kegiatan literasi. Ada berbagai jenis kegiatan literasi yang dapat diikuti dan diciptakan secara kreatif dan inovatif salah satunya mendongeng bersama 1000 anak, talkshow literasi, hingga kelas menulis.

"Dengan semangat keliling ke daerah-daerah lainnya. Insyaallah Tour Library akan membawa manfaat yang banyak untuk Kalimantan Timur," pungkasnya.(elsa/gun)


Lebih baru Lebih lama