ARR-Cell

Perbakin Kaltim Sukses Bina Atlet Muda Berprestasi Melalui Sekolah Menembak

 

FOTO BERSAMA: Atlet dari sekolah menembak binaan Perbakin Provinsi Kaltim - Foto Dok Nett

TOPRILIS.COM, KALTIM - Sekolah menembak yang dibangun oleh Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terbukti mampu melahirkan atlet-atlet muda berprestasi. Hal ini dibuktikan dengan lolosnya 9 atlet Perbakin Kaltim ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Keberhasilan ini didapat setelah atlet-atlet Perbakin Kaltim mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Piala Gubernur Kaltim yang digelar di Samarinda tanggal 20 hingga 24 November 2023.

Kejurnas ini menjadi ajang seleksi dan kualifikasi atlet-atlet menembak dari seluruh Indonesia untuk PON XXI.

Dari sekolah menembak Perbakin Kaltim, terdapat 4 atlet yang berhasil meraih medali emas, 2 atlet yang meraih medali perak, dan 3 atlet yang meraih medali perunggu.

Keempat atlet peraih medali emas adalah pelajar dari SMA Negeri 1 Samarinda, SMK Negeri 1 Balikpapan, SMP Negeri 1 Bontang, dan SD Negeri 1 Penajam Paser Utara (PPU).

Sekolah menembak Perbakin Kaltim merupakan program pembinaan atlet-atlet pelajar yang sudah berjalan sejak empat tahun lalu. Sekolah menembak ini sudah tersebar di empat kabupaten/kota di Kaltim, yaitu Samarinda, Balikpapan, Bontang, dan PPU.

Ketua Perbakin Kaltim, Roy Nirwan mengatakan, sekolah menembak ini bertujuan untuk mencari dan mengembangkan bakat-bakat muda di bidang menembak. 

Dia berharap, sekolah menembak ini bisa terus berlanjut dan mendapat dukungan dari pemerintah daerah.

"Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh atlet-atlet muda kami. Kami berharap pemerintah daerah bisa mendukung program sekolah menembak ini dengan memberikan fasilitas dan pelatih yang profesional," ucap Roy.


Sementara itu, Kepala Pelaksana Sekretariat Dewan Olahraga Nasional (DBON) Kaltim, Zairin Zain mengapresiasi program sekolah menembak Perbakin Kaltim. 

Dia menilai, program ini sejalan dengan visi DBON Kaltim untuk mempersiapkan atlet-atlet masa depan yang berpotensi menjadi juara.

"Kami memberikan apresiasi kepada Perbakin Kaltim yang telah menjalankan program sekolah menembak ini dengan baik. Kami berharap, dari program ini bisa lahir atlet-atlet menembak yang bisa mengharumkan nama Kaltim di kancah nasional maupun internasional," kata Zairin.

Zairin juga mengucapkan selamat kepada atlet-atlet Perbakin Kaltim yang lolos ke PON XXI. 

Dia berharap, para atlet bisa berlatih dengan maksimal dan menunjukkan performa terbaiknya di ajang olahraga terbesar di Indonesia itu.(elh/ron)



Lebih baru Lebih lama