ARR-Cell

Pemprov Kaltim bersama DPK Kaltim dan Disdikbud Kaltim Resmi Perkenalkan Aplikasi SRIKANDI untuk Administrasi Sekolah Digital

 

SEKOLAH TERINTEGRASI: Perilisan penggunaan aplikasi SRIKANDI kepada sekolah SMA/SMK/SLB Negeri se-Kaltim di Hotel Novotel, Balikpapan -Foto dok Elsa


TOPRILIS.COM, KALTIM - Menuju administrasi di sekolah terintegrasi sistem digital, Pemprov Kaltim bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim sukses gelar perilisan penggunaan aplikasi SRIKANDI kepada sekolah SMA/SMK/SLB Negeri se-Kaltim di Hotel Novotel, Balikpapan.

Arsiparis Ahli Muda dan Penyelia, Dewi Susanti, SE, MM dan Rachmadiana, A.Md, S.Tr.S.I dan staf operator aplikasi SRIKANDI DPK Kalltim , Bayu Erlangga, S.I.Kom menjadi  narasumber pada giat yang berlangsung selama dua hari tersebut. Plh Kepala DPK Kaltim, Taufik, S.Sos, M.Si turut membuka agenda yang disambut antusias oleh para guru dan pengelola administrasi sekolah.

Taufik mengungkapkan SRIKANDI mewujudkan kearsipan berbasis elektronik di Kaltim. Pemenuhan kebutuhan informasi dewasa ini banyak melalui elektronik.

“Organisasi atau individu yang tidak mengelola arsip dengan  baik akan berdampak dengan terlambatnya mengambil keputusan. Terlebih bila arsip tidak tersimpan dengan baik dapat kehilangan masa depan, sebab sejarah juga akan lenyap bila tidak ada bukti arsip,” ungkap Taufik kepada para peserta.


Dilanjutkannya SRIKANDI merupakan sistem pengarsipan berbasis digital yang bermanfaat dalam menyimpan data yang tak lekang oleh waktu sehingga meminimalisir kehilangan, kerusakan, dan dokumen yang tidak terproses. Terutama, pada administrasi sekolah yang banyak menghasilkan surat masuk dan keluar khususnya mengenai data siswa, guru, dan sekolah.

Peserta juga akan mendapat pelatihan operasi aplikasi SRIKANDI. Pelatihan merupakan bentuk keseriusan Pemprov Kaltim dalam menerapkan penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Ribuan peserta dari kepala sekolah maupun pegawai kearsipan SMA/SMK/SLB Negeri turut menghadiri acara ini. Memenuhi Ballroom Hotel Novotel Balikpapan. Penyerahan secara  simbolis bantuan alat pendukung aplikasi Srikandi bagi sekolah-sekolah turut dilaksanakan pada hari pertama pembukaan rangkaian acara. Pemaparan materi pada pelatihan aplikasi SRIKANDI di antaranya penggunaan SRIKANDI dan Arsip Dinamis, Kode Klasifikasi Surat. Digital Signature atau pengenalan Tanda Tangan Elektronik (TTE) sekaligus praktik pembuatan TTE dan praktek penerapan aplikasi SRIKANDI.(elsa/gun)



Lebih baru Lebih lama