ARR-Cell

Dispora Kaltim Siapkan Bibit Atlet Muda untuk PON XXI/2024

 

WAWANCARA: Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman Rading - Foto Dok Nett

TOPRILIS.COM, KALTIM - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) terus melakukan pembinaan terhadap atlet usia dini di daerah ini. Tujuannya adalah untuk menyiapkan bibit atlet muda yang berpotensi dan berbakat untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading mengatakan, pihaknya sedang gencar-gencarnya melakukan pembudayaan olahraga di sekolah-sekolah. 

Dia berharap, dengan adanya sentral-sentral olahraga di setiap sekolah, para siswa dapat mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang olahraga.

"Kami ingin menciptakan suasana yang kondusif bagi para siswa untuk berolahraga. Kami juga bekerja sama dengan guru-guru pendidikan jasmani dan olahraga untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada para calon atlet," ujar Rasman di Samarinda.

Rasman menambahkan, Dispora Kaltim juga memberikan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai untuk mendukung proses pembinaan atlet usia dini. Selain itu, Dispora Kaltim juga menggelar berbagai kegiatan dan kompetisi olahraga untuk menguji kemampuan dan kesiapan para atlet muda.

"Kami rutin mengadakan seleksi dan penjaringan atlet usia dini di berbagai cabang olahraga (cabor). Kami juga mengirimkan mereka untuk mengikuti berbagai kejuaraan daerah, nasional, maupun internasional. Dengan begitu, mereka dapat mengasah kemampuan dan mental mereka sebagai atlet," jelas Rasman.

Salah satu ajang yang menjadi tolak ukur bagi para atlet muda Kaltim adalah Babak Kualifikasi (BK) PON yang sedang berlangsung. BK PON merupakan tahap awal untuk menentukan siapa saja yang berhak lolos ke PON XXI/2024.

Rasman mengaku optimis bahwa kontingen Kaltim dapat menunjukkan performa terbaik di BK PON. Ia berharap, para atlet muda dapat bersaing dengan atlet-atlet dari daerah lain dan meraih tiket ke PON XXI/2024.

"Kami memberikan dukungan penuh kepada para atlet yang bertanding di BK PON. Kami berharap, mereka dapat meraih hasil maksimal dan lolos ke PON XXI/2024. Ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk membuktikan diri dan mengharumkan nama daerah," tutur Rasman.

Rasman juga mengingatkan, bahwa persaingan di PON XXI/2024 akan lebih ketat dan sengit. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada seluruh cabor untuk terus melakukan pelatihan-pelatihan secara mandiri dan profesional.

"Kami yakin, seluruh cabor berharap hasil yang maksimal di PON XXI/2024. Makanya, perlu dipersiapkan pembibitan calon atlet sejak usia dini. Kami berharap, Kaltim dapat menjadi salah satu daerah yang berprestasi di bidang olahraga," pungkas Rasman.(elh/ron)



Lebih baru Lebih lama