ARR-Cell

Lomba Jukung Hias Meriahkan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2023 di Siring O Kilometer Banjarmasin

RAMAI: Even Lomba Jukung Hias yang digelar di even Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2023 - Foto Dok Arief


TOPRILIS.COM, KALSEL- Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi (Harjad) ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melalui Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel menggelar acara Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2023, Jumat (11/8/2023) lalu di Siring Nol Kilometer Banjarmasin.

Festival kali ini di isi dengan berbagai lomba dan kegiatan, salah satu perlombaan yang dilaksanakan pada hari pembukaan yaitu Lomba Jukung Hias. Di ikuti oleh kurang lebih 12 jukung yang lalu Lalang di Sungai Martapura, para peserta yang terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kalsel sukses memukau para pengunjung yang hadir. 

Kepala Seksi Kesenian di Bidang Kebudayaan Disdikbud Provinsi Kalsel D. Sunjaya Adhiarso, S.Sn mengaku, ada kepuasan tersendiri bisa ikut memeriahkan lomba jukung hias kali ini.

"Saya berharap warisan budaya ini bisa terus di pelihara karena jukung hias ini salah bentuk kreatifitas dan promosi, khususnya seni budaya sungai yang ada di Provinsi Kalsel," katanya.


Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Sarah Syarkawie menambahkan, Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2023 diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah melalui penyelenggaraan event pariwisata.

"Di even ini yang patut di tunggu adalah karnaval budaya yang akan di helat pada hari Minggu dari pukul 15:00 – 18:00 WITA. Jadi bagi masyarakat jangan lewatkan evennya untuk dihadiri," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu juri lomba jukung H. Rizali Noor mengungkapkan apresiasinya terhadap kreatifitas peserta.

Menurut budayawan dan penggiat seni rupa tersebut, aspek penting dari penilaian adalah keindahan hiasan dan harus memuat unsur budaya Kalsel.

”Beberapa catatan saya adalah masih banyaknya jukung hias berupa tanglong, padahal tanglong sendiri point utamanya adalah permainan lampu” tukasnya.(ar/gun)

Lebih baru Lebih lama