ARR-Cell

Bupati Tabalong Siap Fasilitasi Dekopinda Studi Tiru ke Sulawesi

 

DILANTIK: Pengurus Dekopinda Kabupaten Tabalong menggelar pelantikan yang disaksikan langsung oleh Bupati Kabupaten Tabalong Anang Syakhfiani - Foto Dok Arief

TOPRILIS.COM, KALSEL- Bupati Kabupaten Tabalong Anang Syakhfiani menjanjikan memfasilitasi dua orang pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tabalong untuk studi tiru tentang perkoperasian di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Bahkan bupati mempersilakan jika ada referensi lain ke daerah mana pun yang di tempat itu terdapat koperasi yang maju untuk menjadi tujuan studi tiru.

"Kalau Dekopin mau belajar bagaimana koperasi bagus, ya sudah, saya fasilitasi berangkat dua orang bersama Pak Syam'ani (Kadiskopperindag & UKM) ke Provinsi Sulsel. Di sana paling bagus, jadi hampir semua usaha - usaha rakyat itu ditangani oleh koperasi. Saya fasilitasi atau ada referensi lain silakan," ujar Bupati Anang Syakhfiani saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus Dekopinda Kabupaten Tabalong, Sabtu (26/8/2023) di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Tabalong.


Dirinya pun meminta Dekopinda berbagi tugas dengan Dinas Koperasi perindag dan UMKM Tabalong. Menurutnya tink tank nya dinas koperasi  justru ada di Dekopinda sebagai mitra pemerintah dan alat perjuangan pergerakan koperasi.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kabupaten Tabalong Kadarisman yang terpilih secara aklamasi dan langsung dilantik oleh Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengatakan, akan melakukan konsolidasi perkoperasian yang ada di Tabalong.

Menurutnya, problem koperasi di Tabalong serupa dan mirip dengan persoalan yang dihadapi banyak koperasi lainnya di Indonesia. Pihaknya akan merumuskan persoalan tersebut agar dapat diambil hepotesanya sebagai langkah awal membangun gerakkan baru koperasi.

"Kami akan merumuskan persoalan yang dihadapi koperasi sekarang untuk kita ambil hepotesanya. Berangkat dari sana, kami akan bangun kembali koperasi sebagai soko guru ekonomi rakyat yang berlandaskan kebersamaan," tambah pria yang saat ini juga memimpin Majelis Daerah  KAHMI Tabalong itu.

Pelantikan pengurus Dekopinda selain dihadiri dan disaksikan Bupati Tabalong, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi perindag dan UKM Tabalong, Pengurus Dekopinwil Kalsel, pengurus HIPMI Tabalong, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Tabalong, dan pengurus koperasi se-Tabalong.(ar/gun)

Lebih baru Lebih lama