ARR-Cell

Samosir Berharap Kaum Perempuan Persiapkan Diri Untuk Jadi Wakil Rakyat Berkualitas di Masa Depan

DISKUSI: Saut Nathan Samosir saat menjadi pembicara dalam kegiatan seminar tentang kaum perempuan yang digelar oleh DP3A Kota Banjarmasin – Foto Dok Faisal


TOPRILIS.COM, KALSEL- Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarmasin Saut Nathan Samosir berharap, kedepannya akan semakin banyak kaum perempuan yang bisa mengisi lembaga legislatif.

Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan peningkatan partisipasi perempuan di bidang politik kegiatan pengarustamaan gender dan pemberdayaan perempuan yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin Tahun 2023, Selasa (18/7/2023) di Banjarmasin.

“Kita perlu lebih banyak kaum perempuan di lembaga legislatif, karena saya meyakini kalau itu di wujudkan maka tentunya kualitas penganggaran, pengawasan hingga pembuatan aturan melalui Perda pada lembaga legislatif di Kota Banjarmasin dapat semakin baik,” tegas politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.


Diakuinya kaum perempuan lebih teliti dan punya mata hati yang lebih baik dibanding kaum pria. Hal ini tentunya sangatlah diperlukan di lembaga legislatif yang sebagian besar bekerja untuk kepentingan masyarakat.

“Kita harus akui itu, makanya perannya sebenarnya sangat strategis di lembaga legislatif,” ungkapnya.

Namun diingatkannya perempuan yang ada di legislatif haruslah punya kompetensi yang mumpuni. Bukan seperti sekarang yang diakuinya hampir sebagian besar minim mempunyai kualitas.

“Banyak diantara politisi perempuan di legislatif hari ini minim aksi, bahkan ada yang tidak pernah bersuara saat rapat bersama instansi terkait. Padahal hal ini sangat diperlukan agar kita bisa memastikan kebijakan yang diambil oleh eksekutif sudah sesuai dengan kebutuhan rakyat,” tambah Owner Ekspedisi Lintas Jawa Group tersebut.

Untuk itulah agar nantinya semakin banyak kaum perempuan berkualitas di lembaga legislatif, dirinya sangat mengharapkan mulai sekarang banyak diantara mereka yang aktif berorganisasi di organisasi politik hingga sosial.

“Ikuti saja organisasinya, belajar banyak hal disana untuk meningkatkan kualitas diri sebaik mungkin. Jadi saat nanti terpilih dan duduk di lembaga legislatif, kita bisa optimal untuk menjadi wakil rakyat yang berkualitas,” timpalnya lagi.

Sementara itu, Kabid Perlindungan Khusus Anak DP3A Kota Banjarmasin Rusmadi menambahkan, kegiatan kali ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kualitas kaum perempuan agar lebih siap berkarya di masyarakat.

Ada pun pesertanya sendiri beragam, mulai dari remaja, mahasiswi, perwakilan organisasi kepemudaan hingga ibu rumah tangga.

“Harapan melalui kegiatan ini mereka bisa termotivasi untuk menjadi perempuan yang berkualitas dan mampu memberikan karya nyata untuk masyarakat kedepannya,” tukasnya.(sal/eza)

Lebih baru Lebih lama