ARR-Cell

Pemkab Balangan Gelar Rakor Kesiapan Acara Balangan Bershalawat Bersama Habib Syekh

DISKUSI: Rakor even Balangan Bershalawat Bersama Habib Syekh bin Abdul Qodir Assegaf oleh Pemkab Balangan - Foto Dok Elhami


TOPRILIS.COM, KALSEL- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pelaksanaan kegiatan Balangan Bershalawat Bersama Habib Syekh bin Abdul Qodir Assegaf, Senin (17/7/2023) lalu di Aula Benteng Tundakan Setda Balangan. 

Kegiatan dihadiri oleh para relawan dari berbagai unsur mulai dari instansi pemerintah, perguruan tinggi, BPK, ormas dan lainnya. 

Dalam rapat yang dipimpin oleh Sekda Balangan Sutikno ini, membahas mengenai teknis selama kegiatan serta pembagian personil dalam kegiatan Balangan Bershalawat nantinya. Ada pun kegiatan rencananya akan digelar, Sabtu (22/7/2023) mendatang di Sekitaran Tugu Maritam.

“Kegiatan ini perlu dukungan seluruh pihak, mulai dari pengaturan kegiatan sampai dengan pengamanannya, karena ini acara keagamaan dan pasti banyak masyarakat yang datang," ucap Sutikno. 


Ia menambahkan, selain hal teknis, nonteknis juga harus diperhatikan seperti cuaca, penerangan dan fasilitas-fasilitas di lokasi acara. Dikarenakan pelaksanaan adalah malam hari, tentunya perlu menjadi perhatian bersama dengan kolaborasi seluruh pihak. 

"Kemudian point pentingnya adalah pada saat kegiatan kita menyambut dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada jamaah atau masyarakat yang datang di acara nanti," tambahnya.

Ratusan relawan diperkirakan terlibat dalam kegiatan ini mulai dari unsur pemerintah seperti TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD sampai dengan unsur swasta seperti Badan Otonom (Banom) NU, BPK, Perguruan Tinggi serta relawan-relawan lainnya. Bahkan bukan hanya dari Kabupaten Balangan saja, tapi juga kabupaten tetangga. 

Sementara itu, penyelenggara kegiatan yaitu PCNU Balangan melalui Ketua Syaiful Bahri menyatakan, awal mulanya kegiatan ini dari Bank BPD Kalsel, kemudian Bank BPD Kalsel juga mengajak PCNU Balangan, MUI dalam kegiatan ini. 

“Kami dari PCNU Balangan sebenarnya yang menjadi konsentrasi kami adalah di teknis acara, sedangkan teknis panggung, Sound system adalah dari Bank BPD Kalsel. Dari NU juga menghandle terkait undangan, Insya Allah 250 undangan yang akan disebar," paparnya.

Pada kegiatan rapat ini disepakati bahwa untuk tanggung jawab keamanan dan pengawalan dikomando oleh Polres Balangan, pengaturan parkir dipandu oleh Dishub Balangan bekerjasama dengan SKPD terkait yang berada di sekitaran tugu maritam. Sementara untuk PCNU Balangan dan MUI lebih kepada teknis pelaksanaan kegiatan. 

Adapun agenda persiapan selanjutnya yaitu pengecekan bersama di lokasi kegiatan, sekaligus apel gelar pasukan dan penentuan titik-titik vital pelaksanaan kegiatan pada hari Kamis (20/07/2023) mendatang setelah sholat ashar.(elh/ar)

Lebih baru Lebih lama