ARR-Cell

Diskominfosan Balangan Lakukan Studi Tiru Ke Diskominfo Tabalong Tentang Pembentukan LPPL

DISKUSI: Kunjungan kerja Diskominfosan Balangan ke Diskominfo Tabalong terkait pembentukan LPPL - Foto Dok Elhami


TOPRILIS.COM, KALSEL- Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Balangan, melakukan studi tiru ke Diskominfo Kabupaten Tabalong, Rabu (3/5/2023). 

Kegiatan studi tiru ini dilakukan dalam rangka keinginan pemerintah daerah untuk membentuk Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) di Kabupaten Balangan. 

Kepala Diskominfosan Kabupaten Balangan M. Nor menyampaikan, tujuan kunjungannya ke Diskominfo Tabalong ini untuk bertukar informasi dan menggali apa saja yang diperlukan dalam membangun sebuah LPPL. 

Mulai dari sarana dan prasarana, jumlah biaya yang diperlukan, cara perekrutan SDMnya dan perlengkapan lainnya. 

"Saat ini rencana pembentukan LPPL sendiri sudah memiliki raperda inisiatif dari DPRD Balangan, yang seharusnya membentuk tv dan radio lokal, namun Pemkab Balangan lebih mengutamakan penyiaran tv lokal. Nah semoga setelah dari sini LPPL di Balangan bisa segera kita realisasikan, karena ini permintaan dari Bupati Balangan dan raperda inisiatif DPRD Balangan. Tinggal kitanya menindak lanjuti melalui studi tiru ini," harapnya. 


Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Diskominfo Tabalong Khairul Anwar sangat menyambut baik dengan maksud keinginan dari Pemkab Balangan ini. 

Karena menurutnya, melalui LPPL mampu memberikan keterbukaan informasi yang transparan dan sesuai dengan harapan masyarakat. 

Pihaknya pun juga menyebut akan siap memberikan bantuan dan berharap ini bisa menjadi bahan referensi Pemkab Balangan tentang rencana pembentukan LPPL ke depan. 

"Kami siap memberikan bantuan baik itu teknis maupun non teknis serta kaitannya regulasinya juga akan kami berikan seperti perda dan petunjuk serta pelaksanaannya yang sudah ada di Tabalong bisa menjadi referensi untuk Pemkab Balangan," tukasnya.(elh/ar)

Lebih baru Lebih lama