ARR-Cell

Ridho dan Nuria Terpilih Putra dan Putri Pariwisata Kalsel 2023

MERIAH: Even Grand Final Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Kalsel 2023 di Swiss-Belhotel Banjarmasin - Foto Dok wasaka.kalselprov.go.id


TOPRILIS.COM, KALSEL- Muhammad Ridho Maulana asal Banjarmasin dan Nuria asal Kabupaten Banjar berhasil menyabet gelar Putra dan Putri Pariwisata Kalsel Tahun 2023.

Penobatan itu dilakukan pada malam Grand Final Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Kalsel 2023, Sabtu (18/3/2023) malam lalu yang berlangsung di Swiss-Belhotel Banjarmasin.

Hadir di acara ini Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kalsel Nurul Fajar Desira, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Muhammad Syarifudin, Pj. Bupati Batola Mujiyat dan undangan lainnya.

Paman Birin dalam sambutannya mengingatkan, siapa pun yang dianugerahi sebagai Putera dan Putri Pariwisata 2023, akan didaulat menjadi promotor pariwisata Kalsel.

Untuk itu, Paman Birin ingin agar putra-putri pariwisata ini dapat terus meningkatkan kemampuan dalam mempromosikan pariwisata di Banua, setelah event ini berlangsung.

Agenda ini ujar Paman Birin, pada dasarnya merupakan wadah bagi para generasi muda untuk mengembangkan potensi, bakat, kreativitas, dan kecerdasan yang dimilikinya.

"Melalui event seperti inilah peserta akan mengenal lebih dalam tentang potensi pariwisata, belajar bersosialisasi, menambah pengalaman dan jejaring, serta meningkatkan kreativitas seni budaya, sehingga menjadi anak banua yang cerdas dan cemerlang," ungkapnya.


Sektor pariwisata Kalsel lanjutnya memiliki andil yang cukup besar dalam menggerakkan perekonomian masyarakat. Desa-desa wisata kalsel merupakan salah satu contoh konkrit bahwa masyarakat sadar wisata yang terlibat di dalamnya telah menerima manfaat besar dari kunjungan-kunjungan wisatawan.

Kesempatan besar ini hendaknya menjadi sarana bagi kalian peserta putra-putri pariwisata untuk lebih memperdalam lagi kearifan lokal Kalsel, sehingga dapat menciptakan terobosan-terobosan baru agar pariwisata Kalsel dapat lebih menarik lagi di mata para wisatawan.

Selanjutnya diingatkannya juga, pengembangan pariwisata harus mengedepankan prinsip keberlanjutan dari destinasi wisata yang dikelola, partisipasi masyarakat seperti kelompok sadar wisata (pokdarwis), yang selama ini menjadi penggerak dalam pengembangan kepariwisataan di wilayahnya masing-masing, serta daya dukung lingkungan pariwisata atau environmental carrying capacity dari lokasi tujuan wisata, diperhatikan harus agar pengembangan pariwisata tetap mengedepankan ketahanan lingkungan hidup disekitarnya.

“Sebagai perwakilan Kalsel, saya harapkan kalian semua harus mampu memaksimalkan brain dan behaviour kalian dalam rangka mendukung majunya pariwisata Kalsel,” pesan Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Muhammad Syarifudin dalam laporannya mengatakan, Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan 2023 diikuti sebanyak 40 orang finalis, terdir dari 20 Putra dan 20 Putri.

Adapun dewan juri, yakni Ketua Dharma Wanita Provinsi Kalsel Aminatus Alifah, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M Syarifuddin, Hj Catherine, dan Putri dan Putra Nusantara.

Pada grand final, peserta diseleksi menjadi 10 orang, kemudian dikerucutkan menjadi enam finalis dan terakhir dipilih tiga orang juara.

Untuk Top 10 Putra terpilih Ripani (Tabalong), M Noor Riansyah (HST), A Fakhri Ali (Banjarbaru), Maulana Khalid (Banjar), Yanor (Banjarmasin), M Ihsan dari (HSU), Slamet Mauladi (Tala), A Fajar (Balangan), M Ridho Maulana (Banjarmasin) dan Maulana Ilmi (Tabalong).

Sedangkan 10 terbaik putri Nuria (Banjar), Wananda Assyifa (Tala), Norsyifa Aulia Wahidah (Tapin.), Gabriella Bertha A (Banjarmasin), Noor Mila Amalia ( HST), Wangi Maret Ananda (Banjar), Herlin Chintia M (Batola), Maulidiya (HSS), Maulidiya Muslimah (Kotabaru), dan Rahmayani (Balangan).

Beberapa pemenang dari berbagai kategori Putra dan Putri Pariwosata Kalsel 2023 adalah untuk Putra/Putri Intelegensia diraih M. Noor Riansyah dan Noor Nila Amalia.

Kemudian Putra dan Putri Berbakat diraih M. Irfani Rahman dan Maulidiyah Muslimah.

Putra dan Putri Persahabatan direbut Ahmad Fajar dan Wananda Assyifa.

Sedangkan untuk Putra dan Putri Favorit disematkan kepada Jumain dan Riska Naila.(wasaka.kalselprov.go.id/ar)

Lebih baru Lebih lama