ARR-Cell

Manfaat ASI Eksklusif, RSUD Balangan Edukasi Pasien Melahirkan

SOSIALISASI: Ibu yang baru melahirkan saat diberikan sosialisasi terkait ASI kepada bayi - Foto Dok Elhami


TOPRILIS.COM, KALSEL- Unit PKRS RSUD Balangan menggelar program Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) manfaat memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada Bayi. 

Hal tersebut dilakukan pihak RSUD Balangan melalui program kegiatan Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit, berkenan KIE kepada Ibu yang baru melahirkan dan keluarga pasien tentang manfaat ASI Eksklusif, di Ruang Rawat Inap Kebidanan. 

Sebagai Promosi Kesehatan RSUD Balangan Rabiatul Asmaniah, SKM.,M. Kes mengatakan, pentingnya KIE terhadap Ibu yang baru melahirkan untuk memberikan ASI Eksklusif. 

"Peran protein salah satunya yaitu ASI sangat penting dalam perkembangan otak, dan pertumbuhan bayi," ucapnya, kemarin Kamis (16/3/2023) lalu. 


Menurutnya kandungan taurin, DHA dan AA dapat meningkatkan kecerdasan anak, serta sumber asupan nutrisi bagi bayi baru lahir. 

"Yang mana sifat ASI bersifat eksklusif sebab pemberiannya berlaku pada bayi berusia 0 sampai enam bulan," ujarnya. 

Dalam fase ini lanjutnya, harus diperhatikan dengan benar mengenai pemberian dan kualitas ASI, supaya tidak mengganggu tahap perkembangan si kecil selama enam bulan pertama semenjak hari pertama lahir (HPL). 

"Mengingat periode tersebut merupakan masa periode emas perkembangan anak sampai menginjak usia dua tahun. Masa 1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak masa kehamilan 270 hari sampai dengan anak berusia 730 hari," tuturnya. 

Bahkan masa kritis dimana anak bertumbuh dan berkembang dengan sangat cepat dan signifikan, masa tersebut tidak bisa terulang dan tidak terjadi pada kelompok usia lain.(elh/ar)

Lebih baru Lebih lama