ARR-Cell

Peringatan Satu Abad NU, Paman Birin Ingatkan Sejarah Berdirinya NU Mewarnai Kemerdekaan NKRI

MERIAH: Peringatan 100 Tahun NU yang digelar di Kiram Park Kabupaten Banjar Provinsi Kalsel - Foto Dok wasaka.kalselprov.go.id


TOPRILIS.COM, KALSEL- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin mengatakan peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) untuk menghargai pendiri NU yang telah berkotribusi besar terhadap Republik Indonesia (RI).

Hal ini disampaikan Paman Birin pada peringatan 100 Tahun NU, Sabtu (18/2/2023) di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

“Kegiatan kita ini adalah untuk menghargai para pendiri, penggagas NU, JAS MERAH, jangan pernah melupakan sejarah,” sebut Paman Birin.


Menurut Paman Birin, keberadaan NU telah mewarnai lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Semoga apa yang kita peringati hari ini menjadi pembelajaran, sejarah berdirinya NU itu telah mewarnai berdirinya NKRI,” katanya.

Disampaikan Paman Birin, berdirinya NKRI tidak bisa dipisahkan dari peran Ulama.

“350 tahun kita dijajah, hingga pada tahun 1945, Indonesia merdeka, itu tidak terlepas dari peran Ustad, Kiyai yang berjuang dalam memerdekakan NKRI,” tegasnya.

Paman Birin juga mengutarakan kebahagianya karena dapat bersama-sama para santri melakukan Kirab.

“Ulun sangat senang sekali hari ini, panjangnya 4 kilometer, bersama-sama keluarga besar Aswaja Kalsel,” sebutnya lagi.

Tak lupa Paman Birin juga mengucapkan selamat memperingati satu abad NU kepada seluruh Nahdiyin di banua.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalsel, saya mengucapkan selamat memperingati, satu abad NU kepada seluruh nahdiyin di Banua,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Paman Birin juga menyampaikan bahwa Rasulullah ada sebaik baiknya manusia untuk diteladani.

“Siapakah pemimpin yang terbaik di dunia ini dia adalah Rasulullah, karena jika mengikuti Rasullullah, insyallah akan selamat di dunia dan di akhirat,” imbuhnya.

Peringatan Satu Abad NU di Kiram Park selain dihadiri ribuan santri, juga hadiri Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfidz dan Ilmu Al Qur’an Martapura KH. Muhammad Wildan Salman, Pimpinan Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkompinda) seperti Kapolda, Danlanal, Danlanud. Tampak hadIr juga alim ulama, habaib serta pimpinan instansi vertikal di Kalsel.(wasaka.kalselprov.go.id/Ar)

Lebih baru Lebih lama