ARR-Cell

Paman Birin Resmikan Groundbreaking RS Amanah Medical Center

SIMBOLIS: Groundbreaking pembangunan RS AMC di Kota Banjarmasin - Foto Dok

TOPRILIS.COM, BANJARMASIN- Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor melakukan pemancangan tiang pancang perdana (Groundbreaking) pembangunan Rumah Sakit Amanah Medical Centre (RS AMC), Jumat (22/7/2022) lalu di Jalan Haryono MT, Kota Banjarmasin.

Turut hadir dalam peresmian KH Wildan Salman, ulama dan tokoh masyarakat, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, unsur pimpinan sejumlah rumah sakit di Banjarmasin, para dokter dan undangan lain.

Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor berharap, pembangunan RS AMC bisa segera rampung dan mampu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di Provinsi Kalsel, sehingga tidak perlu berobat ke luar daerah atau luar negeri.

“Kehadiran rumah sakit swasta bukan saingan pemerintahan daerah, namun menjadi mitra dalam menyediakan layanan kesehatan yang prima bagi masyarakat,” tegasnya.


RS AMC merupakan realisasi dari cita-cita Imam Abror dan Ibu Sunarti Imam Abror, selaku pendiri PT. Amanah Group, untuk mempunyai usaha di bidang sosial yang didedikasikan untuk masyarakat Kalsel.

Imam Abror mengatakan, selama ini banyak kegiatan sosial yang telah dilakukan pihaknya sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan PT. Amanah Group. Nah pembangunan rumah sakit ini merupakan wujud nyata dalam bentuk institusi yang diharapkan bisa memberikan dampak positif di bidang layanan kesehatan, juga lapangan pekerjaan untuk tenaga medis dan kesehatan serta sektor terkait.

“Mimpi kami yang selama ini Insya Allah terwujud, untuk berkontribusi dengan masyarakat di Banua,” ujarnya.

Dirinya pun berkomitmen RS AMC nantinya akan memberikan layanan yang humanis, modern, dan menjadi kebanggaan masyarakat Kalsel.

Selain itu kehadiran RS AMC diharapkan bisa menjadi solusi untuk berbagai layanan kesehatan masyarakat, sehingga tidak lagi menjadikan rumah sakit di luar Kalsel, terutama Jawa sebagai rujukan. Bahkan beberapa kasus, lebih mempercayakan layanan kesehatan di negara tetangga.

Dalam misinya sendiri RS AMC ini akan memberikan layanan prima, dengan kecepatan dan ketepatan diagnosis sesuai standar operasional prosedur, dengan tetap memperhatikan biaya layanan yang terjangkau.

“Pembangunan RS AMC dilakukan dalam dua tahap. Pertama akan kita bangun 7 lantai, dilanjutkan sampai 12 lantai dengan target penyelesaian pada 2024. Dari sisi konstruksi bangunan, rumah sakit ini menggunakan sistem “bangunan panggung” dengan pondasi dalam hingga mencapai tanah keras dan sistem “Injection Pile” yang tanpa pukulan dan getaran yang aman terhadap bangunan sekitar, sehingga sangat cocok dengan kontur khas Kalsel yang dikenal dengan tanah rawa yang mudah bergerak,” bebernya.

“Hal istimewa lainnya yang disediakan RS AMC adalah banyaknya dokter spesialis dan sub spesialis yang akan bergabung dengan RS AMC, dengan keahlian yang dimiliki yang dapat memberikan pelayanan yang paripurna kepada pasien,” timpalnya lagi.

Sekedar diketahui, layanan RS AMC yang akan diberikan antara lain gastroenterohepatologi, melayani endoskopi bidang pulmonologi (bronkoskopi) maupun THT (laringoskopi). Selain itu ada pula layanan in vitro fertilization (IVF) yaitu pelayanan bagi pasangan yang mendambakan keturunan dengan berbagai program dan ahlinya masing-masing.

Kemudian ada juga layanan cancer centre untuk pasien-pasien kanker yang membutuhkan pengobatan kanker baik dewasa maupun anak-anak dan layanan jantung terpadu yang memadukan pelayanan bidang jantung dan pembuluh darah sampai dengan bedah jantung.(wasaka.kalselprov.go.id/Ar)

Lebih baru Lebih lama