ARR-Cell

Pertamina Tepis Kabar Pertalite Dihapus

TEPIS: PT Pertamina Patra Niaga menepis kabar bahwa Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dihapus - Foto Net.

TOPRILIS.COM, JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga menepis kabar bahwa Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dihapus. Hal ini menyusul viralnya kabar di media sosial yang menyebut Pertalite telah digantikan Pertamax Green di sejumlah SPBU.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pihaknya masih terus menyalurkan BBM dengan RON 90 itu kepada masyarakat, sesuai kuota 2024 yang ditetapkan pemerintah.

Hal ini sesuai dengan Kepmen ESDM No 37.K/HK.02/MEM.M/2022, Pertalite merupakan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP). Dengan demikian, perubahan dalam penyalurannya harus melalui kebijakan Pemerintah.

"Hingga saat ini kami masih menyalurkan Pertalite di semua wilayah sesuai dengan penugasan yang diberikan Pemerintah, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," kata Irto dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (8/5/2024).

Irto juga menambahkan, Pertamina Patra Niaga selaku pihak yang menjalankan penugasan penyaluran BBM subsidi, berkomitmen untuk tetap mengikuti dan menjalankan semua kebijakan yang ditetapkan Pemerintah.

"Prinsipnya kami akan ikuti dan jalankan semua kebijakan Pemerintah," ujarnya.

Tercatat hingga April 2024, realisasi penyaluran Pertalite secara nasional 9,9 juta kiloliter (KL), dari total kuota Pertalite 2024 yang telah ditetapkan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) 31,7 juta KL.

Di samping itu, Irto juga menyampaikan, Pertamina Patra Niaga telah mendorong digitalisasi untuk penyaluran BBM Subsidi melalui program Subsidi Tepat. Program ini harapannya bisa membuat penyaluran bahan bakar subsidi lebih tepat sasaran.

"Program Subsidi Tepat menjadi upaya kami untuk memastikan transparansi penyaluran BBM bersubsidi. Melalui digitalisasi, penyaluran BBM bersubsidi dapat dipantau secara real time, dan mencegah potensi penyelewengan di lapangan," tutupnya.

Sebagai tambahan informasi, viral di media sosial kabar penghapusan Pertalite di sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Disebutkan pula bahwa Pertalite telah digantikan dengan Pertamax Green yang punya kandungan RON 92.(detik.com/elh)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama