ARR-Cell

Pemkab Gelar Seminar Kewirausahaan, Anggota DPRD Hj Sri: Tambah Wawasan UMKM Balangan

SEMINAR: Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Bersama DPRD Gelar Seminar Kewirausahaan Untuk UMKM Balangan - Foto Dok DPRD Balangan.

TOPRILIS.COM, KALSEL - Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan pedagang, wirausaha, serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pengurus GKN Kabupaten Balangan, Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Balangan bersama DPRD Balangan menggelar Seminar Kewirausahaan bertema Membangun Wirausaha yang Berdaya Saing Maju dengan Mutu Jual yang Tinggi, dari tanggal 1- 3 Maret 2024 di Banjarmasin.

Anggota DPRD Kabupaten Balangan Komisi II dari Partai Persatuan Pembangunan, Hj Sri Huriyati Hadi berharap, kegiatan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat direalisasikan khususnya di Kabupaten Balangan.


"Gunakan kesempatan ini dengan serius dan memperhatikan narasumber dalam menjelaskan materi, jangan sampai terlewatkan karena waktu tidak dapat terulang kembali," tegasnya.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Balangan Abdurrahman Arrahimi yang diwakili oleh Kepala Bidang Koperasi UKM, Akhmad Hairani, menyampaikan, pihaknya terus berupaya meningkatkan perekonomian di Balangan.

"Tema tersebut sangat sesuai dengan Visi Misi Pemkab Balangan yang berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian Bumi Sanggam melalui sektor ekonomi kreatif dan UMKM," ucapnya.

Hairani menambahkan, untuk merealisasikan peningkatan pertumbuhan ekonomi tersebut, para pelaku UMKM kita harus memiliki daya saing tinggi, pemasaran luas, dan kualitas produk unggul. 

"Berbicara tentang ekonomi kreatif dan UMKM tentu tidak akan terlepas dari jiwa kewirausahaan," tuturnya.

Dia juga mengatakan semenjak kepimpinan Bupati Balangan H Abdul Hadi banyak terobosan-terobosan, inovasi, dan program untuk pemberdayaan dan pengembangan UMKM di Kabupaten Balangan, seperti kerjasama kemitraan dengan ritel modern (Indomaret dan Alfamart), bantuan hibah peralatan usaha/produksi, bantuan kredit modal tanpa bunga (BABUNGAS dan BAKABUN), bantuan subsidi sertifikasi halal, fasilitasi merk dagang, dan banyak lagi.

"Oleh karena itu, hari ini mari kita mendengarkan bersama presentasi kewirausahaan yang akan disampaikan oleh Siti Isnaniah Haryani, pemilik PT. Rumah Kreatif Isna Alib. Semoga presentasi ini dapat menambah motivasi dan pencerahan bagi para pelaku UMKM Balangan serta pengurus GKN Balangan untuk terus berkarya dalam gerakan ekonomi kerakyatan guna kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Balangan," harapnya.

Acara seminar tersebut diikuti oleh lebih dari 30 peserta UMKM dari berbagai kecamatan di Kabupaten Balangan. turut hadir dalam acara tersebut adalah Hj Sri Huriyati Hadi, anggota DPRD Balangan, dan Kepala Dinas UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Balangan, Abdurrahman Arrahimi, didampingi oleh Kepala Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Akhmad Hairani, serta Hj. Herlina, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan perwakilan TP-PKK Kabupaten Balangan. (rls/elhami)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama