ARR-Cell

Pemerintah Ajak Perusahaan Asal Finlandia Kembangkan Smart City di IKN

IKN: Demi mewujudkan smart forest city di IKN pemerintah dan perusahaan asal Finlandia bahas kerjasama - Foto Net.

TOPRILIS.COM, JAKARTA - Pemerintah membahas potensi kerjasama dalam membangun IKN dengan perusahaan-perusahaan asal Finlandia, khususnya terkait pemanfaatan teknologi dan energi terbarukan guna mewujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai smart forest city.

Pembahasan ini diperkuat lewat pertemuan antara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan Menteri Perekonomian Finlandia, Wille Rydman beserta perwakilan dari 19 perusahaan asal Finlandia, Senin (29/1/2024) kemarin.

"Demi mewujudkan smart forest city, kami sedang mengembangkan sistem untuk mengoperasikan semua infrastruktur yang dibangun di IKN dalam satu command center agar pelayanannya terintegrasi dan optimal. Kami harap Finlandia dapat membantu kami dalam pengembangan sistem ini," kata Menteri Basuki dalam pernyataan tertulis, Selasa (30/1/2024).

Selain itu, Basuki juga berharap Finlandia dapat mengirimkan tenaga ahli untuk ikut mengawasi proses pembangunan di IKN.

"Saat ini kami sudah memiliki kurator dan beberapa tenaga ahli lainnya yang mengawasi dan mengevaluasi seluruh proses pembangunan infrastruktur di IKN. Kami harap Finlandia juga dapat mengirimkan setidaknya satu orang tenaga ahli," imbuhnya.(liputan6.com/elh)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama