ARR-Cell

Penemuan Naskah Kuno Lebih dari 150 Lembar Daun Lontar di Samarinda

 

NASKAH KUNO: Elvin Widodo, pemilik naskah kuno yang tertulis di atas 150 lembar daun lontar -Foto dok Elsa


TOPRILIS.COM, KALTIM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur melalui bidang deposit, pelestarian dan pengembangan koleksi bahan perpustakaan berhasil mendokumentasikan naskah kuno yang tertulis di atas 150 lembar daun lontar.

Naskah kuno tersebut ditemukan di rumah seorang pedagang koleksi barang antik bernama Elvin Satria Widodo di Samarinda.

Elvin mengatakan bahwa ia membeli daun lontar tersebut karena tertarik dengan tulisan kuno yang ada di atasnya.

Dia baru mengetahui bahwa daun lontar tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi setelah diberi tahu oleh seorang pustakawan.

“Saya sendiri juga jadi penasaran dengan isinya,” ujar Elvin.

Elvin kemudian bersedia untuk menyerahkan daun lontar tersebut kepada DPK Kaltim untuk didokumentasikan dengan metode alih media.

Sementara itu Pustakawan Ahli Muda DPK Kaltim, Patimah Irny yang mendampingi dokumentasi naskah kuno tersebut mengatakan daun lontar merupakan salah satu media tulis kuno yang banyak digunakan di Nusantara.

Ia mengatakan naskah kuno yang tertulis di atas daun lontar tersebut akan diserahkan kepada Perpustakaan Nasional untuk dilakukan alih aksara dan alih bahasa.

“Kami berharap masyarakat yang menemukan dan memiliki barang yang memuat aksara yang belum teralih bahasa dapat menghubungi DPK Kaltim,” ujar Irny.

Irny memastikan naskah kuno yang didokumentasikan akan dikembalikan kepada pemiliknya dan tidak diambil sepenuhnya.(elsa/gun)



Lebih baru Lebih lama