ARR-Cell

Jurnal Sebagai Pilar Pengetahuan, DPK Kaltim Berkomitmen Menambah Koleksi Jurnal Terbaru

 

PUSTAKA: Jurnal telah menjadi sumber informasi terbaru mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang -Foto dok Elsa


TOPRILIS.COM, KALTIM - Jurnal merupakan salah satu jenis terbitan berseri yang memiliki peran penting sebagai sumber informasi ilmiah yang berisi artikel ilmiah dan ditulis oleh para ahli di bidangnya masing-masing. Jurnal biasanya diterbitkan oleh lembaga penelitian, universitas, atau organisasi profesi yang menyajikan hasil penelitian, kajian, atau ulasan terbaru.

Koleksi jurnal di perpustakaan merupakan sumber informasi yang penting bagi berbagai kalangan. Mulai dari akademisi, peneliti, hingga masyarakat. Jurnal menjadi sumber informasi terbaru mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang.

Di Perpustakaan, jurnal disusun berdasarkan bidang ilmu atau disiplin ilmu. Hal ini memudahkan pemustaka untuk menemukan jurnal yang relevan dengan minatnya. Selain itu, koleksi jurnal juga biasanya dilengkapi dengan indeks atau abstrak yang dapat membantu pemustaka untuk menemukan referensi yang diinginkan.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur mempunyai koleksi jurnal dapat diakses oleh pemustaka. Jurnal tersedia dalam rak terbuka, ruang baca, atau mesin pencari online atau sitem OPAC (Online Public Access Catalog) pemustaka bisa langsung membaca jurnal di Perpustakaan DPK Kaltim.

Koleksi jurnal DPK Kaltim saat ini cukup menjadi referensi bagi pemustaka. Kedepannya penambahan jurnal akan dilakukan mengingat semakin beragam jurnal penelitian saat ini yang dibutuhkan oleh pemustaka sebagai referensi. Pustakawan berharap DPK Kaltim dan pemustaka dapat saling bersinergi menambah jumlah jurnal pada koleksi DPK Kaltim agar semakin banyak ragam variasi jurnal yang dapat bermanfaat.

Upaya yang dapat dilakukan DPK Kaltim dalam menambah koleksi jurnal-jurnal edisi terbaru melalui pembelian, tukar menukar, hibah, langganan, atau kerjasama hingga lembaga penelitian, universitas, atau organisasi profesi yang menerbitkan jurnal-jurnal.

Sebab jurnal memiliki berbagai manfaat bagi pengguna perpustakaan, di antaranya sebagai sumber informasi ilmiah yang terkini dan terpercaya, bahan referensi untuk penelitian dan penulisan ilmiah, media untuk mengikuti perkembangan terbaru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.(elsa/gun)



Lebih baru Lebih lama