ARR-Cell

Tindak Lanjuti Hasil Reses, Samosir Blusukan di Wilayah Kuin Hingga Basirih

SIDAK: Saut Nathan Samosir saat melihat kondisi bangunan sekolah di SDN Kuin Selatan 4 – Foto Dok Faisal

TOPRILIS.COM, KALSEL- Komitmen Saut Nathan Samosir untuk menindak lanjuti aspirasi warga Kecamatan Banjarmasin Barat saat momen reses yang dilakukannya belum lama tadi dibuktikannya.

Salah satu langkah konkrit Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarmasin itu, adalah dengan melakukan sidak langsung ke tempat-tempat yang menjadi aspirasi warga. 

“Hari ini ada beberapa titik yang kita datangi langsung untuk melihat terkait aspirasi warga. Mulai dari wilayah Kelurahan Kuin Cerucuk, Kuin Selatan hingga Basirih kita datangi besama tim,” ungkapnya, Rabu (13/9/2023).


Di wilayah Kelurahan Kuin Cerucuk misalnya, Samosir sapaan akrabnya melihat secara langsung bagaimana kondisi sungai landas hari ini yang dipenuhi dengan sampah dan tertutup oleh bangunan warga.

“Ini nanti akan kita tanyakan langsung ke dinas terkait bagaimana pembenahannya. Karena kalau dibiarkan begitu saja saat musim hujan fungsi sungainya tidak maksimal sehingga bisa menyebabkan banjir pada rumah-rumah yang berdekatan dengan sungai landas,” tambah politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Sedangkan di wilayah Kelurahan Kuin Selatan, SDN Kuin Selatan 4 mengeluhkan belum adanya bantuan dari Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin terkait peninggian halaman sekolah. Akibatnya saat musim hujan atau banjir rob datang halaman sekolah terus kebanjiran.

“Nah ini kebetulan pas dengan komisi yang saya pimpin, karena itu saya langsung koordinasi dengan dinas terkait. Dari informasi mereka kemungkinan pada anggaran tahun 2024 sudah dilaksanakan peninggian halaman sekolah. Semoga setelah ini bisa kita usulkan juga perbaikan sekolahnya karena kondisinya juga sangat memprihatinkan,” timpalnya.

Lalu di wilayah Kelurahan Basirih, warga JL Tanjung Keramat GG Alkah RT 8 RW 1 juga memohon kepada Samosir untuk diperjuangkan pembuatan jalan titian baru menuju Alkah Kuburan. Karena kondisi jalan titian yang ada sudah sangat memprihatikankan dan selalu terendam air saat musim penghujan dan banjir rob datang.

“Untuk jalan titian ini sudah saya koordinasikan dengan lurah setempat untuk dibuatkan proposalnya. Kalau bisa secepatnya supaya bisa kita perjuangkan agar dapat dikerjakan pada tahun 2024 mendatang,” tegas Owner Ekspedisi Lintas Jawa Group tersebut.


DISKUSI: Saut Nathan Samosir saat melihat kondisi sungai landas yang memprihatinkan – Foto Dok Faisal


Sementara itu, Lurah Basirih Fadly Aulia berterimakasih atas kedatangan Anggota DPRD Banjarmasin Saut Nathan Samosir. Pihaknya pun siap memfasilitasi warga agar bisa mengajukan perbaikan jalan titian menjulu alkah kuburan tersebut.

“Tentu sangat kita sambut baik kunjungan ini, karena akan sangat bermanfaat bagi warga, khususnya dalam menyerap berbagai aspirasi mereka,” tuturnya.

Tidak berbeda, Kepala Sekolah SDN Kuin Selatan 4 Hairul juga berterimakasih atas kunjungan langsung yang dilakukan oleh Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Saut Nathan Samosir.

Dirinya mengaku sudah cukup lelah mengusulkan peninggian sekolahnya ini, karena sampai saat ini belum direalisasikan oleh instansi terkait, padahal sudah mengusulkannya sangat lama. Akibatnya ia pun bersama orang tua murid harus mengeluarkan kocek sendiri supaya bisa meninggikan lapangan. Namun karena keterbatasan dana peninggian hanya bisa dilakukan di pinggir lapangan. 

“Nah semoga dengan kedatangan pak Samosir usulan kami bisa segera ditindak lanjuti. Supaya sekolah mudah beraktivitas dilapangan dan anak-anak bisa nyaman bermain. Karena untuk saat ini kalau musim hujan dan banjir rob, aktivitas kami di lapangan pasti terganggu,” tukasnya.(fsl/ar)

Lebih baru Lebih lama