ARR-Cell

Di Apindo Kalsel UMKM Festival 2023, Shinta Tegaskan Ada 4 Program Prioritas Apindo Untuk Dorong Perekonomian Tambah Maju

SIDAK: Ketua DPN APINDO Shinta Widjaya Kamdani bersama Ketua DPD Apindo Provinsi Kalsel Dr Supriadi, S.PD MM saat melihat dan membeli berbagai produk UMKM di even Apindo Kalsel UMKM Festival 2023 – Foto Dok Arief


TOPRILIS.COM, KALSEL- Dalam rangka ikut berkontribusi untuk mendorong ekonomi Indonesia semakin maju, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berkomitmen untuk fokus dalam melakukan 4 program prioritas di kepengurusan terbarunya.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPN APINDO Shinta Widjaya Kamdani saat menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan member gathring dan seminar nasional Apindo Kalsel UMKM Festival 2023 yang digelar, Kamis (31/8/2023) di Swiss Belhotel Banjarmasin.

“Di kepengurusan kita ini setidaknya ada 4 program prioritas yang akan kita jalankan untuk mendukung pemerintah mendorong ekonomi Indonesia semakin maju, setelah sebelumnya sempat terdampak negatif akibat Pandemi Covid-19,” tegas Shinta.


Program pertama yaitu program terkait masalah ketenagakerjaan. Disini Apindo terus mencoba bergerak agar harmonisasi ketenagakerjaan dan industri dapat semakin baik kedepannya.

Kedua masalah UMKM yang juga menjadi perhatian serius pihaknya. Hal itu mengingat UMKM hari ini masih sangat memerlukan bantuan agar produk mereka bisa bersaing dan mampu menembus pasar global.

“Untuk UMKM ini kita terus instruksikan pengurus di daerah melakukan pembinaan secara langsung, baik itu dari sisi pengemasan hingga pemasaran. Bahkan hingga hari ini sudah ada kurang lebih 3.000 UMKM yang bisa kami bina,” tambahnya.

Lalu ketiga adalah persoalan investasi. Apindo dalam hal ini sangat berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah dalam mendorong banyaknya investasi masuk dari berbagai sektor potensial.

“Karena dengan masuknya investasi ekonomi daerah semakin bergerak dan penyerapan tenaga kerja juga semakin baik,” timpalnya.

Terakhir atau ke empat adalah masalah kebijakan ekonomi. Dalam hal ini Apindo terus berupaya memberikan masukan kepada pemerintah terkait kebijakan apa saja yang cocok untuk diterapkan dalam mendorong ekonomi Indonesia yang semakin maju.

“Bahkan kami juga sedang memperisapkan Road Map Perekonomian. Kalau ini sudah selesai akan kita sampaikan ke pemerintah sebagai bahan masukan dalam pengembangan ekonomi Indonesia kedepannya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Apindo Provinsi Kalsel Dr Supriadi, S.PD MM mengatakan komitmen pihaknya dalam rangka mendukung suksesnya 4 program prioritas yang digagas oleh DPP Apindo.

Bahkan salah satu 4 program prioritas tersebut sudah pihaknya jalankan hari ini, yakni melalui even Apindo UMKM Festival 2023 yang digelar mulai tanggal 31 Agustus - 3 September 2023 di Halaman Swiss Belhotel Banjarmasin, dengan melibatkan ratusan UMKM binaan DPD Apindo Kalsel.

“Melalui even ini kami ingin menyediakan pasar bagi mereka untuk menjual aneka produknya. Tidak hanya itu kami juga rutin melakukan pembinaan berjenjang kepada mereka, bahkan kini sudah ada sekitar 300 UMKM yang kita bina secara langsung,” bebernya.

Bahkan di akhir tahun 2023 mendatang rencananya DPD Apindo Kalsel akan kembali melibatkan lebih banyak UMKM dengan menggelar even Apindo UMKM expo ke-3 yang akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. 

“Semua upaya tadi tentunya tidak lain agar kami bisa turut serta mendorong UMKM bisa naik kelas,” tukasnya.

Sekedar diketahui, dalam even Apindo UMKM Festival 2023 kali ini didukung oleh sejumlah mitra kerja, salah satunya Polda Kalsel dan Bank Kalsel.(ar/gun)

Lebih baru Lebih lama