ARR-Cell

Bupati Balangan H Abdul Hadi Hadiri Kegiatan Penyuluhan Manasik Haji

FOTO BERSAMA: Kegiatan penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kemenag Kabupaten Balangan yang dihadiri oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi - Foto Dok Elhami

TOPRILIS.COM, KALSEL- Bupati Balangan H Abdul Hadi menghadiri kegiatan Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan bersama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Komisi VIII H Syaifullah Tamliha, Rabu (23/08/2023) bertempat di Mayang Maurai Komplek Garuda Maharam, Paringin Selatan Balangan. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diwakili oleh H Rusbandi selaku Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh, Kepala Kemenag Balangan, Kapolres Balangan, tokoh agama Al-Ustadz H Abdurrahman Al-Makki yang juga menjadi pemateri singkat, serta perwakilan para calon jamaah haji Kabupaten Balangan. 

Bupati Balangan H Abdul Hadi dalam sambutannya menyatakan, ucapan terima kasih nya kepada kantor Kemenag Balangan yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan. 

“Terima kasih banyak kepada Kemenag Balangan telah melaksanakan kegiatan ini, sehingga masyarakat atau calon jemaah haji dapat mengetahui tentang bagaimana pelaksanaan ibadah haji dan hal-hal lainya," ucapnya.


Dirinya menambahkan informasi daftar tunggu di Kabupaten Balangan, jika mendaftar tahun ini maka antriannya mencapai 38 tahun. Sedangkan haji plus masih menunggu 7 tahun juga untuk berangkat. 

"Selain itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada H Syaifullah Tamliha dan Ustadz H Abdurrahman Al-Makki yang telah menyempatkan waktu untuk memberikan wawasan kepada masyarakat atau perwakilan calon jamaah haji yang berhadir di kegiatan hari ini sebagai bekal mereka nantinya pada saat berangkat haji," tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pelaksanaan Haji dan Umrah H Rusbandi mewakili Kakanwil Kemenag Kalsel dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Kakanwil dikarenakan pada saat yang bersamaan ada agenda pelantikan pengurus BKPRMI Provinsi Kalsel. 

Ia juga menambahkan, pemerintah terus berbenah dan telah menambah fasilitas – fasilitas terbaik dalam melayani para jamaah haji agar nyaman dalam melaksanakan ibadah. 

“Pemerintah terus melakukan perbaikan dari tahun ke tahun, dan terus memberikan peningkatan pelayanan, seperti tenda jamaah di arafah dan mina yang diberikan kasur dan pendingin untuk kenyamanan jamaah," tukansya.

Para peserta yang berasal dari berbagai kecamatan sangat antusias mendengarkan penjelasan demi penjelasan dari H Syaifullah Tamliha serta Ustadz H Abdurrahman Al-Makki baik tentang proses penyelenggaraan ibadah haji maupun tentang tata cara pelaksanaan secara garis besarnya.(elh/ar)

Lebih baru Lebih lama