ARR-Cell

Reses Samosir Ramai Pertanyaan Warga Soal BPJS Kesehatan Hingga Bedah Rumah

WAWANCARA: Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Saut Nathan Samosir – Foto Dok Faisal

TOPRILIS.COM, KALSEL- Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarmasin Saut Nathan Samosir kembali melanjutkan kegiatan Reses Masa Sidang II Tahun 2023 di Dapil Banjarmasin Barat.

Kali ini ratusan warga Kuin Selatan diundang untuk bisa menyampaikan aspirasinya, Sabtu (29/7/2023) lalu di Kedai 99 Trisakti Banjarmasin.

Menurut Samosir sapaan akrabnya, dalam reses kali ini cukup banyak warga yang bertanya terkait mekanisme mendapatkan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Program Bedah Rumah gratis dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

“Untungnya kita hari ini menghadirkan langsung pihak Dinsos. Alhamdulillah mereka bisa menjawab bagaimana alur mendapatkannya, yakni mulai dari usulan RT setempat, di verifikasi oleh Dinsos dan lalu diusulkan kembali ke Pemerintah Kota Banjarmasin agar bisa dianggarkan dan eksekusi,” ujar legislator Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Perjuangan itu.


Dirinya pun mengatakan jika memang masih ada warga pra sejahtera yang tidak mendapatkan hak jaminan sosial, khususnya BPJS Kesehatan dan Bedah Rumah Gratis, pihaknya bisa membantu dengan mengusulkan kepada instansi terkait melalui lembaga legislatif.

“Laporkan saja ke kami kalau ada warga pra sejahtera disekitar yang rumahnya yang belum mendapatkan BPJS Kesehatan atau rumahnya perlu bantuan bedah rumah. Nanti akan kita kawal agar mereka bisa mendapatkan haknya,” tegasnya lagi.

Dalam kesempatan ini dijelaskannya juga, segala aspirasi yang masuk dalam reses kali ini akan dikumpulkan dan dipilah sesuai bidangnya. Khusus untuk bidang sosial akan langsung ditindaklanjutinya karena merupakan kewenangannya di Komisi IV DPRD Banjarmasin.


DISKUSI: Reses Saut Nathan Samosir bersama warga Kuin Selatan – Foto Dok Faisal


Sementara itu, salah satu warga Kuin Selatan Putri Amelia Lestari, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan reses yang digelar oleh Samosir.

Karena dirinya bisa langsung menyampaikan aspirasinya dan bisa langsung ditanggapi oleh instansi terkait.

“Semoga kegiatan semacam ini terus ada, supaya masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya secara langsung,” tukasnya.(sal/ar)

Lebih baru Lebih lama