ARR-Cell

Nazaruddin Ikhwan, Aktivis Kampus Yang Naik Kelas Jadi Anggota KPU Tanah Laut

 

TERPILIH: Anggota KPU Kabupaten Tala Nazaruddin Ikhwan - Foto Dok Dedy

TOPRILIS.COM, KALSEL- Man jadda wajada "Barang siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan mencapai tujuannya".

Man shabara zhafira “Barang siapa yang bersabar, ia akan beruntung. Barang siapa yang bersabar, ia akan berhasil”

Dua kalimat motivasi di atas mungkin cocok untuk dialamatkan kepada lelaki bernama lengkap Nazaruddin Ikhwan ini. Bagaimana tidak, memulai karir kepemiluan saat aktif sebagai aktivis kampus, membuatnya kini merasakan manisnya hasil perjuangan.

Hal itu setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) resmi mengumumkan Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota terpilih pada 48 Kabupaten/Kota di 7 Provinsi Periode 2023 – 2028 melalui surat Nomor 57/SDM.12-Pu/04/2023, termasuk di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dalam pengumuman tersebut, mantan Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalsel ini dinyatakan lolos sebagai Anggota KPU Kabupaten Tanah Laut (Tala) bersama 4 orang lainnya.

Memang lolosnya dirinya ini tidak serta merta diraihnya dengan mudah, karena ia memulai karir kepemiluan sejak aktif menjadi aktivis kampus saat berkuliah di Universitas Islam Nasional (UIN) Antasari.

“Tepatnya mulai tahun 2004 saya aktif di masalah kepemiluan, awal mulanya aktif sebagai pemantau pemilu. Setelah itu berlanjut menjadi Enumerator pada Lembaga Penelitian LSI, JIP, CSIS, Sangga Banua Institute, LIPI hingga POPULI CENTER pada tahun 2007 sampai 2020,” ungkap mantan Ketua PC PMII Kota Banjarmasin ini.


Lalu dirinya pernah juga menjadi Area Coordinator pada Lembaga Penelitian Jaringan Isu Publik, Cikom LSI, JSP, IBM, Lensa Nusa hingga Indekstat pada tahun 2010 sampai 2020.

“Dari sanalah saya mulai banyak belajar tentang kepemiluan. Walau banyak pengalaman saya juga pernah tidak lolos saat mendaftar sebagai Panwascam di Kabupaten Tala karena hanya masuk 6 besar. Walau begitu saya tidak putus asa dan mencoba lagi untuk mendaftar sebagai Calon Anggota KPU Kabupaten Tala pada tahun 2023 ini dan Alhamdulillah dinyatakan lolos,” tambah lelaki yang saat ini mengambil Magister Hukum di STIHSA Banjarmasin itu.

Bahkan dirinya mengaku agar bisa ikut berkontribusi dalam menciptakan Pemilu 2024 yang bermartabat dan berintegritas di Kabupaten Tala, dirinya sudah mewanti-wanti keluarganya untuk bisa memahami kesibukkannya saat diamanahkan menjadi Anggota KPU Kabupaten Tala.

“Tahapan Pemilu ini kan kalender berjalan, jadi saya minta anak dan istri untuk memahaminya. Artinya tidak ada namanya hari libur, kalau pun ada menyesuaikan saja dengan cara membagi waktunya dengan sebaik mungkin,” beber lelaki kelahiran Kandangan 37 tahun silam tersebut.

Selain itu dengan amanah barunya ini, dirinya pun akan berupaya mendorong keterlibatan aktif masyarakat untuk bisa menjadi pemilih cerdas dan berdaulat, khususnya bagi pemilih Pemula yang di Pemilu tahun 2024 ini diprediksi mencapai angka 60 persen.

“Dengan menjadi pemilih cerdas dan berdaulat, maka tentunya kita optimis mampu menghadirkan wakil rakyat, kepala daerah dan pemimpin Indonesia yang berkualitas demi kemajuan bangsa kedepannya,” tukasnya.(ded/eza)

Lebih baru Lebih lama