ARR-Cell

Kemenag Balangan Harapkan Jamaah Seksama Ikuti Bimbingan Manasik Haji

 

SAMBUTAN: Ka Kankemenag Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I saat membuka Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Reguler Kabupaten Balangan Tahun 1444 H / 2023 M - Foto Dok Elhami

TOPRILIS.COM, KALSEL- Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta kepada jamaah haji untuk mengikuti bimbingan manasik haji dengan seksama, dengan anggapan bahwa ini adalah pelaksanaan haji terakhir yang dilaksanakan selama hidup. 

Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan sambutan selaku Kepala Staf Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten Balangan pada acara Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Reguler Kabupaten Balangan Tahun 1444 H / 2023 M, Kamis (11/5/2023) lalu di Aula Mayang Maurai Kabupaten Balangan. 

"Kita sadari bahwa antrian jamaah haji di Indonesia sangat panjang, tidak pernah tahu kapan punya kesempatan kedua berangkat ke tanah suci untuk berhaji. Jadi anggaplah ini haji terakhir, haji paling berharga dalam hidup, sehingga bisa serius mengikuti bimbingan manasik," ujarnya. 


Dirinya menambahkan, bahwa haji adalah dambaan bagi setiap muslim, terutama bagi yang memenuhi persyaratan istithaah pengetahuan, ekonomi dan kesehatan. 

"Selain tiga syarat tersebut, juga ada satu faktor penting, yaitu kesempatan untuk masuk dalam daftar berangkat di bawah batasan kuota Arab Saudi," tambahnya. 

Adapun peserta yang mengikuti manasik haji kali ini terdiri dari jamaah haji lunas tunda tahun 2020 sebanyak 166 orang, jamaah urut porsi tahun 2023 sebanyak 26 orang, jamaah lansia 4 orang, serta jamaah cadangan sebanyak 21 orang sehingga total jamaah ada 167 orang. 

"Bimbingan akan dibagi menjadi 3 kelompok, pertama kelompok jamaah Kecamatan Paringin sebanyak 49 orang yang akan melaksanakan bimbingan di Gedung Serbaguna Kecamatan Paringin. Lalu kedua kelompok jamaah Kecamatan Paringin Selatan, Batumandi dan Lampihong sebanyak 50 orang dengan tempat Aula Korwil Dinas Pendidikan Paringin Selatan. Kemudian ketiga kelompok jamaah Kecamatan Juai, Halong dan Awayan dengan total 46 orang yang pelaksanaan bimbingan bertempat di gedung Serbaguna Kecamatan Juai," jelasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kemasyarakat dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Balangan Dra. H. Hasmiati, M.Pd yang mewakili Bupati Balangan menyatakan, bahwa pasca Pandemi Covid-19, kondisi konsisten membaik, sehingga tahun ini pintu bagi jamaah haji kembali dibuka oleh Pemerintah Arab Saudi. 

"Bimbingan manasik adalah wadah yang baik untuk saling mengenal dan memperkuat ukhuwah antarsesama kelompok, rombongan dan jamaah haji lainnya agar terpelihara suasana kebersamaan sebelum, selama, hingga sekembalinya dari ibadah haji. Semoga menjadi haji yang mabrur," tutupnya. 

Sekedar diketahui, bimbingan manasik haji dilaksanakan 10 hari pada tanggal 8 - 17 Mei 2023, 2 hari di kabupaten dan 8 hari di kecamatan.(elh/ar)

Lebih baru Lebih lama