ARR-Cell

Badan Kesbangpol Balangan Serahkan Hibah Bantuan Keuangan Parpol Tahun 2023

PEMBUKAAN: Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Balangan Gazali Al Fatah saat membuka kegiatan sosialisasi sekaligus menyerahkan hibah bantuan keuangan Parpol tahun 2023 - Foto Dok Elhami


TOPRILIS.COM, KALSEL- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), menggelar sosialisasi sekaligus menyerahkan hibah bantuan keuangan partai politik (Parpol) tahun 2023, Kamis (4/5/2023) di Aula Badan Kesbangpol, Paringin Selatan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Balangan Gazali Al Fatah. Ada pun yang berhadir dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Badan Kesbangpol Balangan Syaifuddin Tailah, Ketua KPU Balangan Saripani, perwakilan TNI-Polri, serta Kejaksaan Negeri Balangan. 

Dalam sambutan Bupati Balangan, yang disampaikan Gazali Al Fatah, bahwa sosialisasi ini merupakan wujud implementasi dari Permendagri tentang pedoman tata cara perhitungan penganggaran dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan tata tertib administrasi pengajuan, penyaluran dan laporan pertanggung jawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik. 

Sementara itu, ditemui usai acara, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Balangan, Syaifuddin Tailah mengatakan tujuan digelarnya sosialisasi ini untuk meningkatkan kualitas administrasi pengelolaan dan pemanfaatan bantuan keuangan bagi partai politik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 

"Satu partai politik yang memiliki 1 kursi mendapatkan bantuan hibah Rp10.000 untuk 1 suara. Nah pada hari ini kita menyerahkan sebesar Rp683.950.000 untuk 9 parpol, dengan jumlah 25 kursi atau 68.395 suara dikali Rp10.000," ucapnya.


Adapun dalam sosialisasi tersebut, beberapa materi turut disampaikan mengenai kursi partai politik, audit bantuan keuangan partai politik dalam APBD Kabupaten Balangan, pengelolaan penerima bantuan keuangan, padministrasi pengajuan dan penyaluran serta laporan pertanggung jawaban keuangan partai politik.(elh/ar)

Lebih baru Lebih lama