ARR-Cell

Pertamina IT Banjarmasin dan DPPU Syamsudin Noor Raih Penghargaan Proper Tingkat Nasional, Ini Harapan Gubernur Kalsel

SIMBOLIS: Perwakilan Pertamina IT Banjarmasin dan DPPU Syamsudin Noor saat menerima Penghargaan Proper Tingkat Nasional dari KLHK RI di Kota Banjarbaru - Foto Dok Pertamina Patra Niaga

TOPRILIS.COM, KALSEL- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin mengapresiasi 16 perusahaan yang baik dalam pengelolaan lingkungan.

Hal ini disampaikan Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar pada apresiasi Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper), Senin (20/3/2023) lalu di Hotel Novotel, Kota Banjarbaru. 

Dalam even tersebut, PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui unit operasinya yaitu Integrated Terminal (IT) Banjarmasin dan DPPU Syamsudin Noor pada tahun 2022 berhasil meraih predikat Proper Hijau.

Penghargaan Proper Hijau ini telah didapatkan oleh Pertamina IT Banjarmasin sejak tahun 2018 dan DPPU Syamsudin Noor sejak tahun 2019 sampai 2022 ini. Peringkat hijau ini menandakan bahwa perusahaan telah mencapai beyond compliance dimana perusahaan tidak hanya taat dalam pemenuhan regulasi lingkungan, namun juga memberi nilai tambah terhadap pemeliharaan sumber daya alam, konservasi energi dan pengembangan masyarakat.

“Kita tentunya mengapresiasi, alhamdulillah tidak ada lagi peringkat merah untuk Properda. Kedepan kita harapkan yang hijau menjadi emas, yang biru menjadi hijau, tujuanya lingkungan kita semakin baik,” kata Paman Birin.


Menurut dia untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan di Provinsi Kalsel, perlu dilaksanakan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan (Proper).

"Selama kurang lebih 25 tahun, Proper telah ditujukan untuk mendorong setiap aktivitas bisnis industri agar lebih dari sekadar pemenuhan “ketaatan” terhadap peraturan lingkungan hidup. Bagi dunia usaha, proper sekaligus menjadi platform untuk melakukan praktek bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, upaya pembinaan perlu dilakukan agar perusahaan peserta Proper minimal dapat memeperoleh peringkat biru, yaitu peringkat untuk perusahaan yang memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan meliputi aspek pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, pemeliharaan sumber air, pengelolaan limbah B3, pengelolaan limbah non B3, pengelolaan B3, pengendalian kerusakan lahan dan pengelolaan sampah.

“Dalam pelaksanaan program Proper nasional periode tahun 2021-2022 dan Proper daerah periode tahun 2021, perusahaan peserta Proper telah didorong agar berupaya lebih dari yang diwajibkan dałam pengelolaan lingkungan hidup, di antaranya melakukan efisiensi air dan penurunan beban air limbah, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3, pengurangan dan pemanfaatan limbah non B3, perlindungan keanekaragaman hayati, pemberdayaan masyarakat, tanggap kebencanaan dan inovasi sosial. Upaya lebih ini akan diberi penghargaan berupa peringkat kinerja hijau atau emas, sesuai dengan hasil penilaian,” bebernya.

Dikatakanya, Penilaian Proper Nasional periode tahun 2021-2022 diikuti peserta sebanyak 77, dan untuk penilaian Proper daerah periode tahun 2021, diikuti sebanyak 16 perusahaan yang berkegiatan di Provinsi Kalsel.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih dan selamat kepada perusahaan yang memperoleh peringkat biru, yang telah melakukan pengelolaan lingkungan sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.

“Besar harapan kami agar kinerja ini dapat ditingkatkan lagi, sehingga di tahun mendatang perusahaan dengan peringkat biru dapat memperoleh peringkat hijau,” tuturnya.

Dilain pihak, atas raihan penghargaan ini, Integrated Terminal Manager Banjarmasin Andi Indrawan menyampaikan bahwa dalam operasionalnya IT Banjarmasin senantiasa menjaga aspek keberlanjutan lingkungan dan melakukan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang berkelanjutan kepada masyarakat sekitar. 

“Kami berkomitmen memberikan kepuasan pelanggan khususnya dibidang penyediaan avtur untuk penerbangan dengan memperkecil dampak dan resiko aspek HSSE guna mencapai layanan kelas dunia” timpal Operation Head DPPU Syamsudin Noor Haryanto.

Di lokasi terpisah, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra menyampaikan raihan penghargaan ini merupakan bentuk komitmen pihaknya dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan patuh pada pengelolaan lingkungan.

"Selain itu kami juga terus berupaya melaksanakann Tanggung Jawab Sosial Lingkungan demi tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang saling bersinergi dengan Pemerintah” tukasnya.(ar/gun)

Lebih baru Lebih lama