ARR-Cell

Penjualan Perangkat Sholat Mulai Meningkat Jelang Momen Ramadan

RAMAI: Aktivitas penjualan perangkat sholat ramai di Pasar Sudimampir Banjarmasin jelang momen Ramadan - Foto Dok Arief

TOPRILIS.COM, KALSEL- Bulan Ramadan sebentar hadir dihadapan kita. Aktivitas keagamaan pun di momen Ramadan biasanya kembali meningkat.

Tingginya aktivitas kegamaan selama momen Ramadan tentunya ikut mendorong meningkatnya kebutuhan sandang aktivitas keagamaan. Hal ini tentunya sudah mulai dirasakan para pedagang yang menjual berbagai macam perangkat sholat di beberapa Pasar Tradisional di Kota Banjarmasin.

Fadly Lutfi misalnya, Pedagang perangkat sholat di Pasar Sudimampir Banjarmasin mengaku mulai ada peningkatan pembelian perangkat sholat di tempatnya hingga sepekan terakhir. Jika dipresentasikan meningkat sekitar 20 persen dibanding hari biasa.

“Ada pun perlengkapan sholat yang mulai banyak dicari diantaranya sajadah, mukena, sarung, tasbih hingga peci. Kenaikan pembelian ini memang sudah biasa terjadi tiap jelang momen Ramadan,” ungkapnya, Sabtu (11/3/2023).


Ada pun harga perangkat sholat yang dijualnya sendiri bervariasi, mulai diangka puluhan ribu hingga ratusan ribu. Memang diakuinya harga perangkat sholat yang dijualnya mulai mengalami kenaikan, karena naiknya harga barang di tingkat pabrik.

“Walau mengalami kenaikan harga tidak mempengaruhi turunnya pembelian masyarakat, malah naik jelang momen Ramadan ini,” tambah dia.

Sementara itu, pedagang perangkat sholat lainnya di daerah S Parman Banjarmasin Arsyad juga mengatakan, pembelian perangkat sholat ditempatnya juga mengalami kenaikan hingga 30 persen dibanding hari biasa.

Dirinya pun memprediksi pembelian ini akan terus meningkat hingga momen Hari Raya Idul Fitri tiba. Apalagi sekarang pemerintah sudah mencabut kebijakan Pandemi Covid-19 yang tentunya akan membuat aktivitas beribadah diluar rumah saat momen Ramadan semakin meningkat.

“Biasanya siklusnya seperti itu, sampai momen Hari Raya Idul Fitri pembelinya akan terus meningkat. Makanya sudah mulai sejak 1 bulan lalu saya membeli berbagai kebutuhan perangkat sholat dari pabrik dengan jumlah yang lebih banyak dari pada biasa,” tukasnya.(ar/gun)

Lebih baru Lebih lama