ARR-Cell

Menuju Kanim Kelas III, Tim Evaluasi Kelembagaan Verifikasi UKK Imigrasi Balangan

FOTO BERSAMA: Kunjungan Tim Evaluasi Kelembagaan UPT Keimigrasian Tahun 2023 dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI dan Kanwil Kemenkum HAM Kalsel ke Balangan - Foto Dok Elhami

 

TOPRILIS.COM, KALSEL- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan sambut kedatangan Tim Evaluasi Kelembagaan UPT Keimigrasian Tahun 2023, dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) dan sejumlah pejabat di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalsel, Selasa (7/3/2023) di Aula Benteng Tundakan, Kantor Bupati Balangan, Paringin Selatan. 

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kalsel Rifqi Adrian Kriswanto mengungkapkan, bahwa kedatangan tim evaluasi sebagai tindak lanjut dari keinginan Bupati Balangan untuk menjadikan Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Balangan menjadi Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas III. 

"Terkait dengan kedatangan Kelembagaan UPT Keimigrasian, adalah menindaklanjuti dari apa yang sudah dirintis oleh Bupati Balangan, untuk mewujudkan UKK Imigras Balangan menjadi Kanim Kelas III," ungkapnya. 

 

Dirinya juga mengatakan, dengan adanya Kanim Kelas III di Kabupaten Balangan, diharapkan akan dapat memperlancar dan mempermudah apa yang diinginkan masyarakat, mengingat pelayanan keimigrasian di Kalsel hanya ada dua, yaitu Kanim Kelas I TPI Banjarmasin dan Batulicin. 

"Sangat strategis sekali ketika nanti UKK Balangan ini menjadi Kanim Kelas III. Dari sisi ekonomis akan sangat membantu. Biasanya masyarakat Balangan yang harus membuat paspor ke Banjarmasin, sekarang sudah tidak perlu, dan ini bukan untuk masyarakat Balangan saja, tetapi dari kabupaten-kabupaten di sekitar," katanya. 

Sementara itu, Kepala Bagian Program dan Pelaporan, Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI Dadan Gunawan menambahkan, bahwa proses administrasi dan verifikasi oleh tim, merupakan salah satu langkah UKK menuju Kanim Kelas III. 

"Kami mencoba melakukan klarifikasi bersama rekan-rekan dari Sekretariat Jenderal. Tentunya tahapan yang sudah dilakukan selama ini, mulai dari perjuangan 2021, Bapak Bupati dengan semangat masyarakat Kabupaten Balangan, tentunya ini upaya satu langkah, proses administrasi dan verifikasi. Kaitannya juga bagaimana UKK ini yang merupakan cikal bakal Kanim bisa terwujud," tukasnya.(elh/ar)

Lebih baru Lebih lama