ARR-Cell

BPBD Balangan Ingatkan Tiga Hal Tentang Bahaya Potensi Kebakaran Selama Ramadan

 

WAWANCARA: Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi - Foto Dok Elhami


TOPRILIS.COM, KALSEL - Menjelang memasuki bulan suci ramadan 1444 H, BPBD Balangan mengingatkan dan menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya musibah kebakaran, dikarenakan intensitas masyarakat melaksanakan ibadah meningkat, terutama malam hari melaksanakan tarawih dan waktu subuh di masjid atau dilanggar. 

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi menegaskan, masyarakat jangan sampai lalai dan lengah terhadap hal-hal yang berpotensi menimbulkan bahaya atau musibah kebakaran terutama berkenaan dengan aktivitas memasak didapur baik menggunakan kayu atau kompor. 

"Masyarakat harus benar-benar memastikan kondisi dapur sebelum ditinggalkan, periksa dengan teliti dan pastikan kompor dimatikan agar tidak ada potensi munculnya api, jangan sampai juga saat memasak air kita tinggalkan begitu saja," ujarnya. 


Kemudian juga hal yang penting untuk diperhatikan dan dipastikan aman adalah kabel-kabel listrik dirumah, sebelum ditinggalkan harus dalam keadaan aman, mengingat saat ini masih ada potensi musim hujan. 

"Korsleting listrik kapan saja bisa terjadi, jangan sampai saat kita meninggalkan rumah hal ini terjadi, kalau perlu kabel colokan yang terhubung dengan listrik dicabut saja saat kita tinggalkan, dengan demikian lebih aman," pesannya. 

Selain dua potensi tersebut diperhatikan yaitu dapur dan listrik harus aman, kepada masyarakat terutama orang tua agar juga memperhatikan anak-anaknya yang bermain petasan atau kembang api jangan sampai membahayakan diri dan lingkungan seperti rumah. 

"Tiga hal ini yang harus menjadi perhatian, semoga ramadan kali ini kita dapat beribadah dengan tenang dan khusyuk, serta tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti kebakaran, kami BPBD Balangan mengucap selamat memasuki bulan ramadan 1444 H," tutupnya.(elh/ar)

Lebih baru Lebih lama