ARR-Cell

Alhamdulillah, Haul Guru Sekumpul Kembali Digelar Tahun Ini

KONFRENSI PERS: Guru Wildan bersama ulama Banua saat menyampaikan akan digelarnya haul Tuan Guru Sekumpul di tahun 2023 ini - Foto Nett


TOPRILIS.COM, KALSEL- Keinginan warga Banua untuk kembali dilaksanakannya Haul Tuan Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini Ghani, setelah sempat tertunda beberapa tahun akibat Pandemi Covid-19 akhirnya terwujud.

Dipimpin KH. Wildan Salman atau Guru Wildan, Haul Tuan Guru Sekumpul ke-18 dipastikan akan digelar pada tahun 2023 ini, yaitu pada tanggal 26 Januari 2023 mendatang di kediaman Gubernur Provinsi Kalsel H Sahbirin Noor, di Kampung Keramat Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel.

Hal itu disampaikan saat jumpa pers usai acara Tasmiah dan Aqidah Cucu Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Minggu (8/1/2023) malam lalu di kediaman pribadi Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, di Jalan Kertak baru Kampung Keramat, RT 1 Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel.

Hadir dalam jumpa pers itu Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang didampingi sejumlah ulama Banua semisal Habib Ali, KH Mukeri Yunus, Guru Supian Al-banjari, Guru Juhran hingga Fauzan Saleh. Tampak hadir juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel Supian HK dan Sekdaprov Roy Rizali Anwar.

“Haul Akbar Guru Sekumpul akan dilakukan pada malam Jumat tanggal 26 Januari 2023 mendatang, mudah-mudahan bisa terlaksana dengan sukses dan mudah-mudahan diterima oleh Allah SWT,” ujar Guru Wildan.


Dijelaskan Guru Wildan bahwa Haul Guru Sekumpul di Kediaman Paman Birin akan terbuka untuk umum dan akan mengundang tamu dari luar daerah.

“Kita akan mengundang tamu dari luar Jawa dan khususnya dari Pesantren Tebu Ireng Jombang dan Alhamdulillah mulai pengasuh pesantrenya mulai mualiminnya dan pimpinan Ponpes serta satrinya mereka merespon dengan baik akan menghadirinya,” kata dia.

Selain itu, tuan guru Salman menyampaikan acara Haul nanti boleh dihadiri dari tamu luar negeri karena ini haul untuk semua umat.

“Kemudian akan hadir juga penceramah KH Ahmad Mustain Syafii, ahli tafsir dari Tebu Ireng Jombang dan Insya Allah akan hadir,” timpalnya.

Ditegaskan dia, bahwa pelaksanaan Haul ini adalah inisiatif dari anak-anak didik ilmu beliau.

“Yang ini (di Kediaman Paman Birin) yang akan melaksanakannya adalah dari anak-anak ilmu beliau (Guru Sekumpul),” tambahnya.

Dijelaskan Guru Wildan, sebagaimana diketahui sudah ada informasi dari Kalteng, Kaltim dan di luar Kota Martapura, semisal Tapin, Hulu Sungai mereka seluruhnya akan melaksanakan Haul guru Sekumpul.

“Apalagi kita yang masih di kawasan Martapura, tentu akan melaksanakannya,” tukasnya.(Nett/Ar)

Lebih baru Lebih lama