ARR-Cell

Sekjen NATO: Tentara Moskow Mundur dari Kherson, Rusia di Bawah Tekanan Berat

 

TEKANAN BARAT KE RUSIA: Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg -Foto Nett

TOPRILIS.COM, ROMA - Sekretaris Jenderal (Sekjan) NATO Jens Stoltenberg mengatakan dia sedang menunggu untuk melihat bagaimana penarikan tentara Rusia dari Kherson berlangsung. Menurutnya, tetapi jika dikonfirmasi, itu akan menjadi kemenangan lain bagi Ukraina .

“Kita harus melihat bagaimana situasi di lapangan berkembang dalam beberapa hari mendatang. Tetapi yang jelas adalah bahwa Rusia berada di bawah tekanan berat dan jika mereka meninggalkan Kherson, itu akan menjadi kemenangan lain bagi Ukraina,” kata Stoltenberg di Roma, di mana dia mengadakan pembicaraan dengan perdana menteri Italia yang baru.


Ukraina mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukannya telah merebut kembali selusin desa di wilayah Kherson selatan, sehari setelah Rusia memerintahkan pasukannya untuk mundur dari kota utama di wilayah tersebut.

Rusia mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukannya telah mulai ditarik keluar.

“Kami telah melihat bagaimana angkatan bersenjata Ukraina mampu mendorong kembali pasukan Rusia dan membebaskan wilayah,” kata Stoltenberg.

“Keuntungan ini milik tentara pemberani Ukraina," katanya lagi, seperti dikutip Al Jazeera, Jumat (11/11/2022).

Pasukan Kiev telah memusatkan perhatian pada kota Kherson, dengan populasi sebelum perang 280.000 jiwa.

Mereka memotong jalur pasokan dalam beberapa pekan terakhir sebagai bagian dari serangan balasan yang lebih besar di timur dan selatan Ukraina yang telah mendorong pasukan Rusia keluar dari petak wilayah yang luas.

Merebut kembali Kherson dapat memungkinkan Ukraina untuk merebut kembali wilayah lainnya yang hilang di wilayah Zaporizhia dan wilayah selatan lainnya, termasuk Crimea, yang dianeksasi secara ilegal oleh Rusia pada tahun 2014.

Jika Rusia menerapkan penarikannya dari wilayah yang diproklamirkan oleh Presiden Vladimir Putin sebulan yang lalu, itu akan menjadi kemunduran terbesarnya sejak pasukannya diusir dari pinggiran Kiev pada Maret.

Mundurnya Rusia juga dapat meningkatkan tekanan domestik pada Kremlin untuk meningkatkan konflik.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan bahwa Rusia bisa saja berpura-pura menarik diri dari Kherson untuk memikat tentara Ukraina ke dalam pertempuran yang mengakar di kota pelabuhan industri yang strategis itu.

“Sampai bendera Ukraina berkibar di atas Kherson, tidak masuk akal untuk membicarakan penarikan pasukan Rusia,” kata pembantu presiden, Mykhailo Podolyak.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Zelensky setuju setiap penarikan Rusia dari Kherson akan menunjukkan "kemajuan yang kuat" untuk pasukan Ukraina. Demikian disampaikan kantor Sunak.

Namun, selama panggilan telepon antara kedua pemimpin pada hari Kamis, keduanya juga mengatakan itu benar untuk menyatakan kehati-hatian tentang penarikan pasukan Rusia sampai bendera Ukraina benar-benar dikibarkan di atas kota utama Kherson.

"Perdana menteri memuji keberanian angkatan bersenjata Ukraina dan menegaskan kembali dukungan militer, ekonomi dan politik Inggris yang tak tergoyahkan," imbuh kantor Sunak.

Stoltenberg berbicara setelah pembicaraan tatap muka pertamanya dengan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, yang mulai menjabat akhir bulan lalu.

Sekutu pemerintahnya mencakup banyak orang yang bersimpati kepada Moskow, meskipun dia sendiri telah berulang kali menekankan dukungannya untuk Ukraina dan sanksi terhadap Rusia.

Meloni mengatakan salah satu prioritasnya adalah bekerja untuk memperkuat aliansi. "Untuk membuatnya lebih mampu menanggapi ancaman yang datang dari segala arah," katanya.

"Aliansi ini sangat diperlukan untuk keamanan dan kemakmuran negara kita," katanya kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa pemerintahnya tetap berkomitmen untuk mempertahankan integritas teritorial, kedaulatan, dan kebebasan Ukraina.

Stoltenberg mengatakan NATO akan mendukung Ukraina selama dibutuhkan.

“Dukungan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang diberikan oleh sekutu NATO, termasuk Italia, membuat perbedaan di medan pertempuran setiap hari dan tetap penting bagi kemajuan Ukraina,” katanya kepada wartawan. (international.sindonews.com/Gun)

Lebih baru Lebih lama