ARR-Cell

Atasi Kasus Skimming Nasabahnya, Bank Kalsel Ganti Uang Nasabah Hingga Matikan Magnetic Stripes di ATM

 

KONFRENSI PERS: Bank Kalsel merespon cepat kasus skimming yang menimpa nasabahnya - Foto Dok

TOPRILIS.COM, BANJARMASIN- Respon cepat atas berbagai masalah yang dihadapi oleh nasabah dibuktikan oleh Bank Kalsel.

Terbaru kasus skimming yang menimpa beberapa nasabah Bank Kalsel sejak tadi tengah malam dan pagi tadi, langsung diselesaikan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut melalui berbagai langkah strategis.

“Kita mendapatkan laporan beberapa nasabah Bank Kalsel sejak pagi tadi berkurang dananya secara mendadak di tabungan mereka. Nah kami pun langsung melakukan respon cepat dengan mengindentifikasinya sebagai kejahatan skimming dan melakukan berbagai langkah strategis agar tidak semakin banyak nasabah yang menjadi korban,” tegas Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya, Senin (1/8/2022).

 

Salah satunya adalah mematikan sementara sistem Magnetic Stripes di ATM Bank Kalsel agar tidak terjadi lagi proses skimming yang lebih banyak kepada nasabah Bank Kalsel. Walau dimatikan ATM Bank Kalsel tetap bisa digunakan seperti biasa oleh nasabah jika nasabah sudah memiliki kartu dengan sistem Chip.

“Karena kita matikan tadi sistem magnetic stripes di ATM Bank Kalsel, makanya sampai saat ini tidak ada lagi laporan terbaru terkait skimming. Kalau pun ada yang komplain adalah nasabah yang terkena skimming pada malam hingga tadi pagi saja yang jumlahnya hanya mencapai puluhan orang,” tambahnya.

Selain itu pihaknya juga sudah melakukan identifikasi secara menyeluruh kepada ATM Bank Kalsel yang diduga digunakan oleh pelaku untuk melakukan skimming.

“Identifikasi ini untuk memastikan agar ATM Bank Kalsel aman digunakan dan juga sebagai bahan kita nantinya untuk melaporkan pelaku skimming kepada pihak yang berwajib nantinya,” timpalnya lagi.

Dalam kesempatan ini dirinya juga memastikan, nasabah Bank Kalsel yang terkena skimming hingga uangnya raib di tabungan, dipastikannya akan diganti secara utuh pada hari ini juga. Bank Kalsel sendiri juga memastikan sudah mengetahui siapa saja nasabahnya yang terkena skimming.

“Bagi yang lapor atau belum lapor dan kita pastikan mereka yang terkena skimming, kami pastikan uangnya akan dikembalikan secara utuh hari ini juga. Jadi saya harapkan masyarakat tidak perlu khawatir,” bebernya.

Dirinya juga menghibau kepada nasabah Bank Kalsel agar tidak menjadi korban skimming perlu melakukan sejumlah hal, diantaranya mengganti PIN ATM secara berkala, menjaga kerahasiaan PIN ATM hingga memanfaatkan mobile Banking Bank Kalsel untuk melakukan berbagai transaksi keuangan.

“Melalui Aplikasi terbaru yang kami miliki sekarang, tentunya transaksi perbankan menggunakan Smartphone menjadi lebih mudah dan cepat,” tukasnya.(Fsl/Ar)

Lebih baru Lebih lama